Gerindra Usung Danny Jadi Calon Bupati 2024

DIUSUNG: Wakil Bupati KLU Danny Karter Febrianto Ridawan saat melakukan penanaman mangrove di Danau Gili Meno. Ketua DPC Gerindra KLU ini diproyeksikan menjadi Calon Bupati KLU 2024. (IST/FB RENTEN DANNY)

MATARAM – Usai penyerahan SK Kepengurusan, DPD Gerindra NTB mewacanakan menggelar rapat kerja daerah (rakerda) pada 14-15 Januari 2022. Salah satu agendanya yakni menetapkan kader yang akan diusung di Pilkada serentak 2024.

Dan yang pasti, ada enam kader sudah diputuskan oleh partai untuk diusung di Pilkada 2024. Yakni Ali Usman Al-Khairi untuk Pilkada NTB, Nauval Furqoni Farinduan untuk Pilkada Lombok Barat, Danny Carter Febrianto di Pilkada Lombok Utara, Khairul Warisin untuk Pilkada Lotim. Berikutnya, Lalu Pathul Bahri di Pilkada Loteng dan Ahmad Dahlan untuk Pilkada Bima. “Nama-nama itu akan ditetapkan di rakerda tingkat provinsi,” kata Sekretaris DPD Gerindra NTB Ali Usman Al-Khairi kepada Radar Lombok, Selasa kemarin (11/1).

Selanjutnya, setelah nama kader ini ditetapkan di Rakerda NTB, maka usulan itu akan diteruskan ke DPP. Karena keputusan akhir ada di tangan DPP. Adapun lima kabupaten/kota lain yang belum ditetapkan kader yang akan diusung, maka pada rakerdalah kesempatan membahas siapa yang akan direkomendasikan. Misalnya Pilkada Kota Mataram, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, dan Kota Bima. “Untuk lima daerah ini, nanti kita bahas di rakerda,” paparnya.

BACA JUGA :  Bupati Lombok Utara Turun Tangan Ingatkan Pengusaha

Direncanakan, kader yang sudah ditetapkan di rakerda tersebut, tidak akan diperbolehkan maju di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Dengan begitu, kader dimaksud harus fokus menghadapi Pilkada 2024. Pertimbangannya adalah jarak antara Pileg dan Pilkada yang berdekatan, tidak memungkinkan untuk bertarung di Pileg.

Selain itu, dalam rakerda itu, juga akan disusun langkah menghadapi Pemilu 2024. Dengan target menang, maka Gerindra harus memperkuat konsolidasi. Sehingga diharapkan, seluruh mesin partai bisa berjalan maksimal.

Di samping itu, Gerindra juga harus bisa memastikan kembali kemenangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 di NTB. Karena NTB selalu menjadi basis utama pemilih Prabowo.

BACA JUGA :  16.508 Warga KLU Masih Buta Aksara

Seperti diketahui, saat ini Danny Karter Febrianto masih menyandang status tersangka pada proyek RSUD KLU 2019. Kendati demikian, Gerindra tetap menjagokan kader mudanya itu di Pilkada 2024. Bahkan kini dipercaya menjadi Ketua DPC Gerindra KLU.

Sebelumnya, Ketua OKK Gerindra NTB Sudirsah Sujanto menerangkan, status tersangka dan ditunjuknya Danny sebagai ketua adalah dua hal yang berbeda.

Pihaknya tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah. Diyakini, Danny adalah kader muda yang sangat tepat memimpin Gerindra. Danny dinilai akan mampu membesarkan dan memajukan partai. Selain itu, penunjukan Danny sebagai ketua sudah melalui telaah dan pertimbangan cukup panjang dari DPP. Sehingga pihaknya tetap optimis, Gerindra di KLU akan tambah besar dan maju di bawah kepemimpinan Wakil Bupati KLU tersebut. (yan)