Gerindra NTB Garansi Dukungan ke Djohan-Danny

Gerindra NTB Garansi Dukungan ke Djohan-Danny
DIGARANSI: Djohan Sjamsu-Danny Carter Febrianto Ridawan saat menerima surat tugas dari DPD Gerindra NTB, beberapa waktu lalu. Paket Joda Akbar ini digaransi oleh DPD Gerindra NTB akan mendapatkan SK rekomendasi DPP untuk maju di Pilkada Lombok Utara 2020.(IST/)

MATARAM–Petahana Wakil Bupati Lombok Utara Sarifudin dikabarkan bermanuver di DPP untuk merebut dukungan Gerindra di Pilkada 2020. Mantan Sekretaris DPD Gerindra NTB itu ingin agar partai yang dibawanya ke Lombok Utara itu bisa mengusungnya sebagai bakal calon bupati di pilkada mendatang.

Seperti diketahui, Desk Pilkada Gerindra NTB sudah merokemendasi Djohan Sjamsu-Danny Carter Febrianto Ridawan (Joda Akbar) untuk diusung; berkoalisi dengan PKB.

Terkait manuver Sarif tersebut, Ketua Desk Pilkada DPD Gerindra NTB Ali Usman Al-Khairi mengatakan, sah-sah saja jika ada kader internal bermanuver mendekati DPP untuk kepentingan meraih dukungan. Hanya saja, Gerindra sudah tentu punya mekanisme menentukan arah dukungan. “Dukungan Partai Gerindra tentu tidak akan keluar dari proses yang ada,” kata Sekretaris DPD Gerindra NTB, Rabu (12/2) kemarin.

Ditegaskan, berdasarkan proses penjaringan balon kada yang sudah dilakukan di DPC dan DPD, Gerindra sudah memberikan dukungan kepada Djohan-Danny. “Paket Joda Akbar sudah melalui proses yang ada. Itu sesuai arahan dan ketentuan yang diberikan DPP. Sehingga DPP tentu akan menerbitkan SK rekomendasi sesuai balon kada hasil penjaringan yang diusulkan,” tegas mantan aktivis mahasiswa tersebut.

Ditambahkan, Paket Joda Akbar sudah mengantongi SK penugasan yang diterbitkan Desk Pilkada DPD Gerindra NTB. Itu bersifat final dan mengikat sebagai bentuk garansi dari Gerindra NTB, bahwa SK rekomendasi DPP akan diberikan untuk Joda Akbar. “SK tugas yang kita berikan itu adalah garansi politik bagi paket Joda Akbar,” tegasnya.

Jika DPP sudah menerbitkan SK rekomendasi kepada Joda Akbar, maka seluruh jajaran kader dan pengurus Gerindra di DPC dan DPD harus melaksanakan garis kebijakan partai tersebut. Jika ada kader tidak patuh, maka sudah jelas ada sanksi, mulai dari peringatan hingga pemecatan.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra NTB Ridwan Hidayat menegaskan pihaknya memberikan garansi kepada paket Joda Akbar di Pilkada Lombok Utara. Ia memastikan SK rekomendasi DPP akan diterbitkan untuk Joda Akbar. “Untuk Pilkada Lombok Utara hanya paket Joda Akbar kita ajukan ke DPP,” pungkasnya.

Ketua DPC Gerindra Lombok Utara Sudirsah Sujanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan proses penjaringan sesuai ketentuan, sehingga muncul usulan Djohan-Danny ke DPD. Hingga akhirnya Djohan-Danny diusulkan DPD ke DPP. “Artinya, sudah tidak bisa diganggu gugat,” ujarnya.

Ia sendiri tidak mempersoalkan manuver politik Sarif, karena manuver politik itu akan terhenti ketika Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto menandatangani SK rekomendasi DPP. “Jadi, sekarang tim internal Gerindra dan PKB melakukan komunikasi politik dengan partai lain untuk berkoalisi. Kami tinggal menunggu surat rekomendasi untuk pendaftaran ke KPU nantinya,” ungkapnya. (yan/flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid