Gerindra Minta Pemda Lobar Batasi Ritel Modern

Mariadi (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG—Fraksi Gerindra DPRD Lombok Barat meminta Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid segera mengambil tindakan untuk membatasi pertumbuhan ritel modern seperti Indomart dan Alfamart di Lombok Barat yang kini sudah mulai menjamur hingga ke pelosok desa.

“Kita minta pak Bupati membatasi. Kasihan pedagang-pedagang kecil di sekitarnya, langsung kalah saing,” tegas Ketua Fraksi Gerindra DPRD Lobar Mariadi di DPRD Lobar, Kamis (19/1).

Menurut Wakil Ketua Komisi III ini, tidak lah sepadan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang mungkin didapatkan Pemkab Lobar dari Indomart dan Alfamart dibanding dengan kesulitan yang dihadapi para pedagang kecil setelah dua retail modern itu ada.

[postingan number=3 tag=”ritel”]

Lebih penting mensejahterakan pedagang kecil lanjut Mariadi, ketimbang meraup PAD dari dua retail modern tersebut. “Jadi tolonglah dikaji kebijakannya. Sekarang kita lihat Indomart dan Alfamart ada di mana-mana. Di satu kecamatan ada banyak sekali. Kalau memang ada aturannya yang membatasi di satu kecamatan harus ada satu atau dua, tolong ditegakkan,” tegasnya lagi.

Karena tentu jika pedagang kecil diminta untuk bersaing dengan kedua retail modern tersebut, sebagian besar akan kalah khususnya dari segi kenyamanan berbelanja.

“Saya mendapatkan banyak laporan dari masyarakat, pedagang. Mereka mengeluh dengan Indomart dan Alfamart yang sudah masuk ke kampung-kampung. Padahal kita justru ingin agar mereka sejahtera. Jadi tolong dibatasi izinnya. Jangan seperti saat ini,” jelasnya. (zul)