Gerindra Berkomitmen Tetap Usung Pathul-Ferdian

Ridwan Hidayat (DOK/RADAR LOMBOK)
Ridwan Hidayat (DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Partai Gerindra berkomitmen tetap mengusung Lalu Pathul Bahri-Ferdian Elmiansyah di Pilkada Lombok Tengah (Loteng) 2020. Kendatipun misalnya Golkar tak sepakat dengan paket ini.

Seperti diketahui, Pathul adalah Wakil Bupati Loteng sekaligus Ketua DPC Gerindra Loteng. Sementara Ferdian adalah kader muda Golkar sekaligus putra Bupati Loteng M Suhaili FT. Dan Suhaili adalah Ketua DPD I Golkar NTB. “Jadi tanpa koalisi Golkar pun, Gerindra tetap usung paket Pathul-Ferdian,” jelas Ketua DPD Gerindra NTB Ridwan Hidayat, Senin (20/4) kemarin.

Ditegaskan, Gerindra tidak akan mengubah dukungan terhadap paket ini. Namun demikian, Gerindra tetap berharap bisa berkoalisi dengan Golkar. Koalisi parpol peraih suara terbanyak pertama dan kedua di pemilu legislatif di Loteng ini akan menjadi kekuatan besar untuk memenangkan pilkada.

Ridwan mengungkapkan, Golkar saat ini masih melakukan proses penjaringan internal. Dan pihaknya menghormati itu. Dan ia berharap, balon kada yang diusung Golkar adalah Ferdian yang tergabung dalam paket Pathul-Ferdian.

Jika raihan kursi DPRD dua partai ini digabung, totalnya 14. Itu sudah melebihi syarat minimal 10 kursi untuk mengusung bakal pasangan calon kepala daerah (bapaslon kada).

Selain dengan Golkar, ia memastikan Gerindra juga tetap membuka komunikasi politik dengan parpol lain untuk kemungkinan koalisi. Selain juga menjadi alternatif apabila koalisi Gerindra dan Golkar tak tercapai. “Tetapi kita optimistis koalisi Gerindra-Golkar akan tercipta,” lugasnya.

Sementara itu, Ketua Harian DPD Golkar NTB Misbach Mulyadi mengatakan, Golkar belum menentukan balon kada yang akan diusung di Pilkada Loteng. DPP sedang melakukan kajian; merujuk pada survei elektabilitas. Tetapi imbas pandemi virus corona (covid-19), membuat agenda penjaringan tertunda. “Kita tunggu saja proses penentuan arah dukungan oleh DPP,” pungkas Ketua Fraksi Golkar DPRD NTB ini. (yan)