Gerhana Bulan Total Merah Darah Terjadi 26 Mei 2021

Super blood moon (IST/IG @trevorjonesphoto)

MATARAM–Gerhana Bulan Total (GBT) akan terjadi pada 26 Mei 2021. Dikutip dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) RI, GBT kali ini sangat spesial. Karena beriringan dengan terjadinya perige, yakni ketika bulan berada di jarak terdekatnya dengan bumi.

Puncak gerhana dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia kecuali Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan sebagian Riau. Puncak gerhana bisa disaksikan pada pukul 19.18.43 WITA dengan jarak 357.464 kilometer dari bumi, sementara itu puncak perige terjadi pada pukul 09.57.46 WITA dengan jarak 357.316 kilometer dari Bumi.

Baca Juga :  Akses Wisata di Lombok Utara Ditutup, Aparat Disiagakan

Oleh karenanya, gerhana bulan kali ini juga dapat disebut sebagai super blood moon atau bulan merah darah super mengingat lebar sudutnya yang lebih besar 13,77 persen dibandingkan dengan ketika berada di titik terjauhnya (apoge) dan kecerlangannya 15,6 persen lebih terang dibandingkan dengan rata-rata atau 29,1 persen lebih terang dibandingkan dengan ketika apoge. Namun durasi fase total gerhana kali ini cukup singkat, yakni 14 menit 30 detik.

Baca Juga :  Kapolresta Mataram Pastikan Seluruh Lokasi Wisata Ditutup

O iya, super blood moon ini bukan mugen tsukoyomi seperti yang ada di serial Naruto. Jadi jangan takut akan terpengaruh genjutsu ya! Selamat menyaksikan GBT super blood moon 26 Mei nanti. (RL)

Komentar Anda