Gerhana Bulan Picu Pasang Air Laut, BMKG Imbau Warga Berhati-Hati

LANGKA: Gerhana bulan total yang diprediksi terjadi Rabu (26/5/2021) sebagai fenomena langka.(ist)

MATARAM–Sejumlah tempat dilaporkan mengalami pasang air laut, Rabu (26/5/2021). Di antaranya di Pantai Loang Baloq, Mataram dan Pantai Kuranji, Lombok Barat. Banyak pihak yang menyebut bahwa pasang air laut ini dipicu oleh gerhana bulan yang terjadi malam ini. Benarkah demikian?

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi mengatakan, kejadian gerhana bulan selalu terjadi pada saat purnama, sehingga mengakibatkan pasang air laut. “Hal ini sesuai dengan siklus normal pasang surut di mana pada saat bulan purnama terjadi pasang maksimal. Kejadian kenaikan pasang air laut pada saat gerhana wajar terjadi sehingga masyarakat bisa berhati-hati pada saat berkegiatan pada saat gerhana bulan,” terangnya.

Seperti diketahui, bagi masyarakat yang ingin melihat langsung puncak gerhana bulan, khususnya di wilayah NTB, yakni pada pukul 19.18 WITA. Sementara bagi masyarakat yang ingin ikut memantau bersama BMKG, disediakan layar di halaman Kantor BMKG Stasiun Geofisika Mataram. “Untuk live streaming kami sediakan, tapi kalau mau lihat atau dari streaming,” sambungnya. (RL)