Gerbang Tani Berikan Bantuan Handtraktor

BANTUAN: Ketua Gebang Tani Lobar, Sukman, didampingi Sulhan Muchlis dan Viken Madrid memberikan bantuan handtraktor kepada Kepala Dispertanakbun Lobar, Chairul Bahtiar (Roziq/Radar Lombok)

GIRI MENANG—Gerakan Kebangkitan Petani (Gerbang Tani) Lombok Barat, Senin kemarin (3/10) memberikan bantuan handtraktor kepada sejumlah kelompok petani di daerah itu. Bantuan diberikan melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Dispertanakbun) setempat.

Ketua Gebang Tani Lobar, Sukman mengatakan, ada 5 unit handtraktor yang diserahkan kepada Dispertanakbun Lobar. Selain itu, ada juga 3 unit mesin air yang ikut diberikan.

“Itu bantuan yang kita berikan, kepada para petani,” ungkapnya.

Bantuan yang diberikan Gebang Tani Lobar, jelasnya, merupakan sumbangan dari Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Johan Daniel. Anggota dewan yang memberi sumbangan ini merupakan anggota wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalimantan Barat (Kalbar). Johan Daniel tergabung dalam Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB).

Disalurkannya bantuan ini, jelasnya, atas inisiasi Gerbang Tani Lobar yang merupakan organisasi sayap PKB. Pihaknya kedepan akan terus berupaya mendatangkan bantuan di daerah-daerah yang ada di NTB.

Sementara itu, Ketua Gerbang Tani NTB, Viken Madrid mengatakan, bantuan yang diberikan anggota fraksi PKB patut disyukuri oleh masyarakat Lobar. Jarang-jarang anggota dewan dari bukan dapilnya mau menyumbang bantuan.

“Bantuan ini tidak terlepas dari koneksi yang dimiliki Gerbang Tani NTB,” bebernya.

Bantuan-bantuan seperti ini, jelasnya, sangat vital bagi kemajuan dan kesejahteraan petani. Ini mengingat di tengah persaingan global, masyarakat petani harus bisa memiliki alat produksi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Menurutnya, semakin banyak alat produksi pertanian yang dimiliki petani, akan semakin baik pula bagi potensi hasil produksi. Bantuan yang diberikan disebutnya tidak lepas karena NTB sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Di tempat sama, Wakiul Ketua DPRD Lobar, Sulhan Muchlis, yang juga merupakan politisi PKB ini menegaskan, bantuan ini akan sangat baik bagi daerah. Kedepan, bantuan-bantuan serupa akan terus diupayakan pihaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanakanbun Lobar, Chairul Bahtiar, yang menerima bantuan secara simbolis menyampaikan terima kasihnya. Upaya-upaya seperti ini hendaknya ditiru oleh politisi lain.

Menurutnya, bantuan yang didatangkan Gerbang Tani memiliki dampak positif bagi pembangunan di daerah. Karena itu, ia berharap sinergi semacam ini akan terus dipertahankan. (rzq)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid