Genset Meledak, Kantor Bank Mega Terbakar

KEBAKARAN : Mobil kebakaran diterjunkan untuk menangani kebakaran yang terjadi di kantor cabang Bank Mega di Jalan Pejanggik nomor 129 kemarin (Sudirman/Radar Lombok)

MATARAM– Kantor Cabang Bank Mega di Jalan Pejanggik Nomor 129 terbakar sekitar pukul 15.00 Wita kemarin. Namun api hanya melahap sebagian bangunan.

Kebakaran  dipicu oleh ledakan genset saat listrik padam kemarin. Pegawai bank dan nasabah berhamburan keluar ruangan menyelamatkan diri saat melihat asap yang berasal dari ruang areal genset mengepul. Api muncul ketika genset telah menyala disaat mati lampu, sehingga timbul percikan api hingga terjadi ledakan.

Salah satu nasabah bank, Nurhasanah menceritakan kejadian ini. Waktu itu ia sedang antre mendapat pelayanan saat ada kepulan asap. “ Asap mulai muncul dari arah belakang,   karyawan bersama nasabah berhamburan keluar,” katanya kepada  Radar Lombok.

[postingan number=3 tag=”kebakaran”]

Diduga api muncul dari arus pendek genset yang mengeluarkan percikan api. Karena api terus membesar petugas kesulitan memadamkannya. Petugas pemadam kebakaran Kota Mataram langsung datang ke lokasi melakukan pemadaman. Dua unit mobil kebakaran diterjunkan. Selang 15 menit petugas berhasil menjinakkan api.

Pertokoan yang padat sempat membuat petugas kewalahan memadamkan api. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Ki Agus M Idrus mengatakan, saat petugas tiba api sudah merembet. Namun pihaknya bisa memadamkannya. “ Petugas sudah berupaya maksimal memadamkan api dari data dan informasi yang didapatkan api berasal dari genset terbakar. Sejauh ini tidak ada korban jiwa, petugas telah menetralisir percikan api,” katanya.

Ia juga mengimbau semua pertokoan tetap mengantisipasi kasus kebakaran. Seperti penggunaan hidran serta antisipasi kabel listrik yang kerap menjadi pemicu kebakaran.

Sementara itu Kapolsekta Cakranegara Kompol Haris Dinzah ketika ditemui di lokasi menuturkan  pihaknya  masih melakukan penyelidikan. ” Kerugian material belum kita  bisa pastikan karena ini masih penyelidikan,”ungkapnya.

Namun hasil sementara, kejadian tersebut karena terbakarnya genset. Ia sampaikan  awalnya kejadian tersebut dilihat oleh saksi Diah selaku pegawai di tempat itu.”Saat itu saksi menuju ke kamar kecil dan melihat kepulan asap dari genset sehingga memberitahu kejadian tersebut kepada satpam setempat,”ujarnya.

 Selanjutnya api berusaha dipadamkan dengan menggunakan  Hydrant namun  api tidak bisa dipadamkan. Karyawan bank lalu menghubungi pihak pemadam kebakaran. ”Kita lagi proses penyelidikan ini dan untuk dugaan sementara karena genset yang meledak,”tutupnya.(dr/cr-met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid