Gelontorkan Anggaran Rp 753 M untuk Fasilitas Pengamanan Wisatawan

PROGRES : Progres sejumlah proyek fasilitas pendukung Sirkuit Mandalika hampir rampung dikerjakan (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Berbagai pembenahan terus dilakukan di Sirkuit Mandalika untuk persiapan tuan rumah berbagai event internasional. Salah satunya dengan membangun pagar pengaman di sejumlah pintu masuk Kawasan Mandalika. Tak tanggung-tanggung anggaran yang digelontorkan untuk membuat fasilitas
pengamanan wisatawan ini lebih dari setengah triliun.

General Manager The Mandalika, Molin Duwanno mengungkapkan, sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan, sedang dibangun fasilitas pengamanan kawasan Mandalika. Terdiri dari East Gate, West Gate, Kuta Gate 1, 2, 3, dan 4, serta pagar keliling atau perimeter fence yang di Black Gate atau BG3 – East Gate.

“Progres pembangunan setiap fasilitas pengamanan untuk East Gate telah mencapai 57 persen, West Gate mencapai 76 persen, Kuta Gate 1 dan 2 mencapai 18 persen, dan Kuta Gate 3 dan 4 mencapai 83 persen,” ungkap Molin Duwanno, Minggu (8/1).

Sementara pembangunan perimeter fence atau di BG3 – East Gate telah mencapai 32 persen. Seluruh pekerjaan pembangunan fasilitas pengamanan kawasan Mandalika ditargetkan selesai pada pertengahan bulan Februari mendatang. “Sebagai pengelola kawasan The Mandalika, kami berupaya selalu memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan dan masyarakat yang melakukan aktivitas di dalam dan sekitar kawasan,” terangnya.

Baca Juga :  Bazar Mandalika Sepi, Pedagang Kembalikan Kunci

Pembangunan fasilitas pengamanan berupa gate atau gerbang yang dapat dibuka dan ditutup ini merupakan salah satu upaya mereka dalam meningkatankeamanan dan kenyamanan bagi  wisatawan dalam kawasan The Mandalika.Pembangunan fasilitas pengamanan dan perimeter fence ini merupakan bagian dari paket pekerjaan Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (MUTIP) 2. “Nilai total Paket MUTIP 2 mencapai Rp. 753 M yang dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur dasar yaitu jalan akses rigid pavement, utility duct, street lighting solar
panel, installing curb road, box culvert, pump pit, parkir utara kawasan, fasilitas pengamanan dan perimeter fence (BG3 – East Gate) di kawasan The Mandalika,” terangnya. Termasuk juga ke dalam Paket
MUTIP 2 ini adalah pemasangan perimeter fence pada sisi selatan jalan Kuta Keruak sepanjang 5.250 m yang telah diselesaikan sepanjang 3.206 meter atau 61 persen. Progres ini termasuk penyelesaian perimeter fence area Pertamina Mandalika Sirkuit sepanjang 2.175 meter.“MUTIP ini merupakan program yang dibiayai sepenuhnya oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB),” jelasnya.

Baca Juga :  Tak Nyaleg, TGH Mahalli Berpotensi Di-PAW

Bahkan hal itu merupakan pembiayaan pertama secara standalone atau mandiri yang dilakukan AIIB di Indonesia dan secara global merupakan pembiayaan pertama AIIB bagi kegiatan pembangunan infrastruktur pariwisata. “Kami berharap semakin lengkapnya fasilitas pendukung kawasan, khususnya fasilitas pengamanan seperti ini, dapat menambah daya tarik kawasan di mata wisatawan maupun investor.

Sehingga meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung dan minat investor untuk merealisasikan investasinya di Mandalika,” tutupnya. (met)

Komentar Anda