Gelar Open House, Wabup Lobar Masak Sendiri

Gelar Open House, Wabup Lobar Masak Sendiri
OPEN HOUSE: Wakil Bupati Lombok Barat, Hj Sumiatun saat menerima kedatangan para tamu dalam kegiatan Open House dikediamannya di Sekotong, Sabtu (8/6). (IST FOR RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG — Setelah resmi dilantik bulan April lalu, maka momen lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah, menjadi lebaran pertama Wakil Bupati Lombok Barat, Hj Sumiatun. Untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, pada momen lebaran ini, Wabup Lobar melaksanakan Open House di kediaman pribadinya di Desa Sekotong Tengah, Kacamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (8/6).

Sejak pagi masyarakat dari berbagai latar belakang sudah memadati lokasi acara. Mulai dari para ASN Pemkab Lombok Barat, TNI/Polri, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan, tokoh pemuda dan masyarakat umum, bergantian terus berdatangan.

Sebagai seorang perempuan, walupun sudah menjabat sebagai Wakil Bupati, Hi Sumiatun yang memiliki hobi memasak ini, bahkan merelakan diri untuk sibuk memasak berbagai macam jenis makanan yang dihidangkan untuk para tamu yang datang bersilaturahmi dikediamannya. “Semua hidangan yang ada di sini saya yang masak. Tanpa pakai katering, karena dari dulu saya memang hobi masak,” terangnya.

BACA JUGA: Terjadi Lonjakan Penumpang di Kayangan dan Lembar

Melalui momentum lebaran ini, dia berharap bisa lebih mendekatkan dirinya dengan masyarakat Kabupaten Lombok Barat, terlebih masyarakat Sekotong pada khususnya. “Alhamdulillah tahun pertama gelaran open house sangat ramai. Saya harap kegiatan ini dapat semakin mendekatkan kami pada seluruh masyarakat di Lombok Barat,” harapnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para pemimpin daerah Kabupaten Lombok Barat memanfaatkan momen Idul Fitri untuk bersilaturahmi dengan seluruh masyarakat Lombok Barat. Bisa dikatakan, lebaran kali  ini Bupati, Wakil Bupati, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Barat secara serentak menggelar open house.

Di Pendopo Bupati misalnya, Bupati Lobar H Fauzan Khalid juga melaksanakan Open House. Masyarakat dari berbagai latar belakang sudah memadati sejak pukul 09.00 Wita. Kegiatan ini dinilai Ketua TP-PKK Lombok Barat, Hj. Khairatun sebagai momen berkumpul atau bersilaturahmi. Tidak hanya dengan keluarga dan kerabat, tapi juga dengan seluruh masyarakat Lombok Barat.

Menurut istri Bupati H. Fauzan Khalid ini, kesibukan suami selaku bupati dan dirinya sebagai Ketua TP-PKK, terkadang menjadikan waktu bersilaturahmi menjadi berkurang. “Melalui open house ini kita berharap agar hubungan yang mungkin ada keretakan karena kesalahpahaman atau yang lain bisa dipererat lagi, sehingga tidak ada lagi rasa yang tidak baik,” ujarnya.

Acara ini juga dimaksudkan untuk lebih dekat dengan masyarakat Lombok Barat. Dalam arti pemimpin dan masyarakat tidak ada sekat yang memisahkan. “Saya ucapkan juga minal aidin walfaidzin bagi semua ASN di Lombok Barat. Mungkin bapak (Bupati) dan saya pernah menyinggung perasaan rekan-rekan ASN. Saya mewakili bapak minta maaf yang sebesar-besarnya,” ucap Khairatun.

Kegiatan yang sama juga digelar Sekda Lobar, H. Moh. Taufiq di kediamannya di Mataram. Berbeda dari Wakil Bupati, momen open house tahun ini menjadi kali terakhir bagi Sekda H. Moh. Taufiq, sebelum memasuki masa pensiun beberapa bulan lagi.

Sekda memaknai kegiatan ini mampu mempererat kebersamaan untuk memajukan Lombok Barat. “Ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang kita laksanakan. Dan ini momentum menjalin silaturrahim untuk kita saling memaafkan antar sesama umat muslim,” katanya seraya berharap, melalui suasana lebaran ini membuat kebersamaan lebih kokoh dan kuat lagi, dan semoga kualitas iman dan kinerja semakin baik dan meningkat.

Pada hari yang sama, tidak hanya pejabat eksekutif saja yang menggelar open house. Namun Ketua DPRD Lobar, Imam Kafali juga menggelar acara yang sama. Open house digelar di kediaman pribadinya di Dusun Jerneng Kalijaga, Desa Terong Tawah, Kacamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Para tamu yang hadir, terutama dari kalangan anggota DPRD Lobar, dan pegawai Sekretariat DPRD Lobar. (ami)