Gelandangan Berkedok Jual Sapu Ternyata Penipu

Gelandangan Berkedok Jual Sapu Ternyata Penipu
TERJARING: Satgas Sosial saat menindak seorang gelandangan yang pura-pura menjual sapu di Jalan Bung Karno Kota Mataram, Rabu malam (7/10).( Ist for Radar Lombok)

MATARAM—Satuan Tugas Sosial (Satgas Sosial) Dinas Sosial Kota Mataram menindak seorang gelandangan yang berkedok tukang sapu. Gelandangan ini biasa mangkal di Jalan Bung Karno Kota Mataram.

Ia diamankan karena diduga selama ini mengelabui petugas dan masyarakat. Padahal, lelaki tersebut sering meminta-minta kepada warga yang melintas.

Pria itu sudah cukup lama mangkal di tempat itu setiap malam. Saat beraksi, ia duduk bersila di trotoar. Kepalanya ditutupi sebuah topi dan di depannya terletak beberapa sapu yang ia jual.

Setelah duduk, ia terus menunduk di tengah keramaian warga yang melintas. Namun aksinya terbongkar oleh petugas. Ia pun sempat diinterogasi dan ditindak petugas, Selasa malam (7/10).

‘’Kita ingatkan dia dan dibuatkan surat pernyataan. Dia kan sudah berbohong masih muda dan sudah mengelabui masyarakat banyak. Minta dikasihani kayak orang terlantar dan pura-pura jual sapu. Itu kan sudah membohongi masyarakat,’’ ujar Kepala Dinas Sosial Kota Mataram, Hj Baiq Asnayati, Selasa (8/10).

Dari intogasi petugas, pria tersebut diketahui berasal dari Pagesangan Timur Kota Mataram. Ia berusia sekitar 20-an tahun lebih. Setiap malamnya kerap mangkal dengan duduk di trotoar di Jalan Bung Karno. Padahal kata dia, pedagang biasanya hanya berjualan sampai sore hari.

‘’Siapa yang mau beli sapu malam-malam. Itu menimbulkan kecurigaan kita. Ternyata setela dicek, dia masih muda dan normal,’’ katanya.

Lelaki itu pun diingatkan petugas kemudian diminta untuk tidak mengulangi perbuatannya. Petugas memastikan tidak melakukan pembinaan. ‘’Gimana mau dibina dia kan masih segar bugar. Dia bukan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Ya tinggal membuat surat pernyataan. Ya kita tangani masalah yang murni pengemis. Itu pun kalau dia warga kita. Kalau dia termasuk PMKS akan kita bantu dan dibina,’’ ungkapnya.

Setelah dilakukan penindakan, pria tersebut langsung dikembalikan ke rumahnya. Namun terlebih dahulu dilakukan pendataan hasil patroli petugas.

‘’Karena malam itu jam 9 lebih, mungkin nanti kita akan cari kepala lingkungannya,’’ terangnya.

Aksi Satgas Sosial yang menindak gelandangan di Jalan Bung Karno ini cukup viral di media sosial. Banyak warga yang merasa tertipu. Warga tidak menyangka, penjual sapu tersebut hanya berpura-pura dengan duduk di trotoar. Kemudian mengundang simpatik warga dengan memberikan uang ketika melintas.

‘’Pantesan setiap lewat sana suka nunduk aja, banyak yang ngasi duit tak liat, ternyata nutupin muka,’’ kata salah seorang warga. (gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid