Gedung Baru Puskesmas tak Representatif

ANTRE : Sebagian pengunjung Puskesmas Karang Taliwang terpaksa berdiri, menunggu giliran saat pendaftaran lantaran ruang tunggu yang tidak memadai (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM– Gedung baru Puskesmas Karang Taliwang dianggap tidak memadai dan kurang representatif dalam rangka pelayanan.

Beberapa hari lalu manajemen Puskesmas mulai menempati gedung baru. Pada hari pertama, pihak Puskesmas langsung menemukan masalah. Bangunan baru tidak punya ruang tunggu yang luas.

Kepala Puskesmas Karang Taliwang I Made Pasek Sugiartha menilai bangunan yang dibuat tidak memperhatikan kebutuhan. Ruang tunggu seharusnya dibuat paling luas dan bisa menampung ratusan pengunjung.” Kalau pengunjung sedang ramai mereka terpaksa berdiri karena tidak ada tempat duduk,” jelas Pasek kepada Radar Lombok (25/1) kemarin.

Pihaknya mengeluhkan bangunan tidak memperhatikan kebutuhan utama yakni ruang pendaftaran pasien yang nyaman dan luas.” Kalau seperti  ini bagaimana bisa nyaman. Ruang pendaftaran hanya ukuran dua kali dua meter,” tegasnya.

Belum lagi ruang Poli rata-rata berukuran kecil dan tidak memenuhi standar.” Malah yang luas itu lahan parkirnya, tapi ruang antrenya kecil,” ungkapnya.

[postingan number=3 tag=”puskesmas”]

Ia mengakui tidak pernah dimintai pendapat saat bangunan dikerjakan.” Coba kita diajak, kita akan arahkan agar dibuatkan ruang tunggu pendaftaran yang paling luas,” terangnya.

Pihaknya berharap dilakukan renovasi kembali mumpung masih tahap pemeliharaan. Jangan sampai dengan kondisi ini warga malas datang ke Puskesmas. Padahal Puskesmas ini sudah terakreditasi. Manajemen sedang berusaha meningkatkan kualitas pelayanan.

Terpisah, kalangan DPRD Kota Mataram berencana turun melihat bangunan Puskesmas yang dikeluhkan itu.” Kami harus turun untuk melihat langsung,” ungkap Ali Aswandi, anggota Komisi III DPRD Kota Mataram.

Ia mengaku tidak bisa berkomentar banyak karena belum melihat langsung model bangunan.(ami)