Garuda Perbanyak Rute Penerbangan ke Lombok

Ilutrasi.

MATARAM—Maskapai nasional Garuda Indonesia berencana menambah rute penerbangan ke Lombok tahun 2017 ini. Penambahan jumlah frekuensi penerbangan ke Lombok sebagai salah satu langkah nyata Maskapai Garuda Indonesia dalam mendukung kemajuan pariwisata di Lombok.

“Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok ini merupakan 10 top destinasi wisata Indonesia. Kami di Garuda Indonesia akan menambah rute penerbangan ke Lombok,” kata Direktur Utama Garudi Indonesia, M Arif Wibowo beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Lombok.

Arif mengatakan, saat ini penerbangan oleh Maskapai Garuda Indonesia ke Lombok baru dari beberapa daerah saja yang merupakan bandara internasional. Seperti Jakarta, Denpasar dan Surabaya. Lombok sebagai 10 top destinasi nasional, perlu menambah frekuensi dan connecting penerbangan dari beberapa daerah lainnya yang juga menjadi daerah favorit kunjungan wisatawan nusantara dan juga mancanegara.

[postingan number=3 tag=”garuda”]

Sebut saja, seperti Labuan Bajo, Provinsi NTT, menurut Arif akan diperhitungkan Garuda Indonesia untuk membuka connecting penerbangan ke Lombok untuk mendukung kunjungan wisatawan ke Mandalika, Lombok pada umumnya. Begitu juga dengan penerbangan langsung dari Jakarta, Surabaya yang selama ini frekuensi penerbangan langsung oleh Garuda Indonesia masih terbatas.

Padahal, bandara internasional seperti di Jakarta dan Surabaya merupakan dua bandara yang cukup tinggi turis mancanegara yang datang melalui bandara tersebut. Oleh karena itu, Garuda Indonesia, lanjut Arif akan menambah rute penerbangan langsung dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan Bandara Internasioanl Soekarno-Hatta yang langsung ke Lombok.

Bahkan, dalam rencana strategis Maskapai Garuda Indonesia kedepannya, ada beberapa titik yang akan disambungkan. Lombok itu harus connecting juga dengan Labuan Bajo, Ende, Maumere dan beberapa titik-titik wisata di wilayah NTB maupun NTT plus wilayah lainnya sampai ke Papua.

Selain penerbangan domestik, rute international ke Lombok juga menjadi sasaran penting planning bisnis Garuda Indonesia dalam meningatkan kunjungan turis mancanegara ke Lombok. Seperti peluang yang memungkinkan membuka penerbangan langsung dari Australia ke Lombok.

Terlebih lagi, jumlah kunjungan turis asal Australia ke Lombok dan secara umum di Indonesia cukup tinggi. Selain itu juga untuk tahun ini kemungkinan bisa menghadirkan pesawat charter dari China ke Lombok. Daerah seperti Manado dan Mandalika bisa menjadi destinasi atraktif buat turis China.

Garuda Indonesia belum lama ini memang baru membuka rute Chengdu (Cina) -Denpasar. Rute ini juga diharapkan bisa menambah kunjungan turis China ke Lombok yang dekat dengan Bali. "Kita kan baru membuka Chengdu-Denpasar, ini akan membawa pasar yang besar, sekaligus nanti akan mengenalkan wilayah ini kepada pasar China. China yang lebih gampang karena volumenya besar. Mungkin tahun ini 2017 ini bisa melalui  charter, tapi belum bisa untuk yang reguler,” ucapnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut