Ganti Pasangan, Rumaksi Pilih Sukisman Jadi Cawabup

Wawan Satriawan (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Duet Rumaksi-Amrul Jihadi di Pilkada Lombok Timur (Lotim) dipastikan kandas di tengah jalan. Meski duet itu sempat mendaftar ke sejumlah partai politik.

Ketua Satgas Pilkada DPD Demokrat NTB Andi Mardan mengungkapkan, Ketua DPC Demokrat Lotim Amrul Jihadi sudah menyampaikan kepada DPD Demokrat NTB bahwa dirinya tidak lagi berpasangan dengan Rumaksi.

Pasalnya, realitas politik tidak memungkinkan untuk duet Rumaksi-Amrul Jihadi dipertahankan. “Pak Amrul sudah menyampaikan tidak berpasangan lagi dengan Pak Rumaksi,” ungkap Anggota DPRD Lombok Tengah ini, Selasa kemarin (3/7).

Ia mengatakan, Amrul Jihadi sudah memperoleh surat tugas dari DPP Demokrat untuk maju di Pilkada Lotim, berpasangan dengan Ketua DPW NasDem NTB Rumaksi.

Hanya saja, dengan kandasnya duet Rumaksi-Amrul Jihadi, apakah Amrul Jihadi mau mundur dari pencalonan atau mencari pasangan lain, itu sepenuhnya diserahkan kepada yang bersangkutan. “Sekarang kita serahkan kepada pak Amrul, apakah mau tetap maju dengan mencari pasangan lain atau mundur dari pencalonan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD NasDem Lotim Wawan Satriawan mengakui duet Rumaksi-Amrul Jihadi tidak berlanjut lagi. Ada perubahan komposisi dari pasangan Rumaksi, dari sebelumnya Amrul Jihadi menjadi Sukisman Azmy.

Pihaknya memilih realistis dengan hasil sejumlah survei yang tidak menempatkan duet Rumaksi-Amrul Jihadi di posisi yang baik. “Pak Rumaksi tetap sebagai calon bupati, sedangkan calon wakil bupati berganti dari Amrul Jihadi menjadi Sukisman Azmy,” kata Anggota DPRD NTB Dapil Lotim tersebut.

Menurutnya, pergantian bakal calon wakil bupati itu sudah disepakati oleh tim pemenangan, parpol pendukung, hingga bakal calon bupati dan wakil bupati. Sebab itu, ia menegaskan bahwa tidak ada pihak yang ditinggalkan, apalagi dikhianati. “Semua ikhlas dengan melihat hasil survei yang ada,” jelasnya.

Ia kemudian membeberkan, alasan dipilih Sukisman Azmy menjadi cawabup. Hal itu tidak terlepas dari hasil survei yang menempatkan elektabilitas Sukisman Azmy cukup tinggi sebagai bakal calon bupati atau wakil bupati.

Selain itu, kakak kandung Sukisman Azmy yakni mantan Bupati Lotim dua periode Sukiman Azmy sudah memberikan persetujuan terhadap duet Rumaksi-Sukisman Azmy.

Terlebih Sukisman Azmy menjadi cawabup juga untuk melanjutkan pembangunan yang diprogramkan lima tahun sebelumnya oleh duet Sukiman Azmy-Rumaksi.
Duet ini juga merepresentasikan keterwakilan wilayah antara Lotim bagian utara yang diwakili Rumaksi dan Lotim bagian selatan diwakili Sukisman Azmy.

“Duet Rumaksi-Sukisman Azmy akan melanjutkan pembangunan yang sudah dicanangkan oleh duet Sukiman Azmy-Rumaksi,” terangnya.
Terkait parpol pengusung duet Rumaksi-Sukisman Azmy, ia mengatakan, pihaknya terus mematangkan parpol koalisi pengusung. NasDem sudah memberikan surat rekomendasi tunggal kepada Rumaksi sebagai calon bupati di Pilkada Lotim.

Partai NasDem memiliki 5 kursi di DPRD Lotim hasil Pileg 2024 sehingga masih membutuhkan tambahan 5 kursi lagi untuk mencukupi syarat 10 kursi mengusung paslon. “Tunggu waktu tepat untuk kita umumkan parpol koalisi pengusung,” lugasnya. (yan)

Komentar Anda