Gali Sumur Berujung Maut

Tewas :  Warga Dusun Tembeng Putik Timuk II Desa Tembeng Putik Kecamatan Wanasaba digegerkan oleh kejadian tukang gali sumur yang tewas.( Dok/Radar Lombok )

SELONG – Sabrilillah (19) warga Dusun Temanjor, Desa Tanak Gadang Kecamatan Pringgabaya, tewas kehabisan oksigen saat menggali sumur di kedalaman sekitar 9 meter, Senin (3/7) sekitar pukul 11.00 Wita. Kejadian ini terjadi di rumah Rohan alias Inaq Isniwati di Dusun Tembeng Putik Timuk II Desa Tembeng Putik Kecamatan Wanasaba.

Kasi Humas Polres Lombok Timur IPTU Nicolas Oesman mengatakan kejadian bermula ketika korban Sabrilillah dan rekan lainnya bernama Wiwit (22) menggali sekaligus membersihkan sumur milik Rohan. Mesin yang semulanya digunakan untuk menyedot air sumur diturunkan menggunakan tali. Kemudian Wiwit turun ke dalam sumur sambil memegang tali mesin dengan tujuan untuk menghidupkan mesin. Setelah dihidupkan, tiba-tiba saksi merasakan sesak lalu bergegas naik. “Saksi Wiwit langsung lemas dan segera diberikan air minum,” tutur Nicolas.

Tak berselang lama, korban Sabrililah meminta kepada rekan-rekannya untuk turun ke dalam sumur dengan tujuan menguras air di dalamnya. Meski sempat dilarang saksi Sahmal, korban ngotot untuk membersihkan. ” Korban sempat membalas panggilan saksi dan berjanji akan segera keluar dari dalam sumur,” ungkapnya.

Namun ketika akan naik, korban malah terjatuh setelah tali yang diikatkan ditubuh korban terlepas. Berusaha membantu rekannya terjatuh, saksi Wiwit yang sebelumnya mengalami sesak nafas kembali turun ke dalam sumur.

Belum sampai setengahnya, lagi-lagi saksi Wiwit mengalami sesak nafas dan lemas seketika. Sejumlah warga yang melihat kejadian itu langsung melaporkan ke Polsek Wanasaba dan tim BPBD untuk melakukan evakuasi korban. Usai dilakukan pemeriksaan di Puskesmas Wanasaba, korban Sabrilillah meninggal dunia akibat kehabisan oksigen di dalam sumur. ” Dari hasil visum terdapat luka lecet di pelipis kiri korban sepanjang 1/2 cm, luka lecet di lutut kiri dan betis, sendi – sendi masih lemas belum kaku” tutupnya.(lie)

Komentar Anda