Gaji 13 dan THR, Lotim Siapkan Rp 96 M

Ilustrasi Gaji dan THR

SELONG—Tahun ini Pemkab Lombok Timur (Lotim) menyiapkan Rp 96 miliar dari dana APBD untuk pembayaran gaji ke 13, dan Tunjangan Hari Raya (THR), atau  gaji ke 14 untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sementara untuk pembayarannya sendiri, akan dilakukan dalam waktu yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhannya.

Pembayaran gaji ke 13 dan THR ini sudah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemerintah pusat terhadap para PNS. Dan ini berlaku di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Lotim. Kini proses pembayaran gaji ke 13 dan THR ini masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat, dalam bentuk peraturan pemerintah (PP).

“Untuk pembayaran gaji ke 13 dan THR ini waktu pembayarannya disesuikan dengan tujuan pemberiannya,” ungkap Kabag Humas Pemkab Lotim, Ahmad Subhan, Minggu (4/6).

Dikatakan, untuk pembayaran gaji ke 13, terutama di Lotim sendiri biasanya dilakukan menjelang tahun ajaran baru. Ini dihajatkan untuk membantu biaya perlengkapan dan biaya anak PNS tersebut yang akan masuk sekolah. Sedangkan untuk THR sendiri atau gaji ke 14 ini pembayarannya dilakukan beberapa hari sebelum lebaran. “Kalau THR membantu kebutuhan PNS saat lebaran,” ungkap Subhan.

BACA JUGA :  Pelaku Wisata Minta Perda Miras Direvisi

Sedangkan untuk besaran gaji ke 13 dan THR yang diberikan ke setiap PNS  lanjutnya, nilainya satu kali gaji pokok. Sementara untuk pencairan sendiri, biasanya disesuiakan dengan kebijakan pemerintah.

Untuk kepastian kapan waktu akan dilakukan pembayaran gaji ke 13 dan THR ini. Sejauh ini masih menunggu penetapan Peraturan Pemerintah (PP) dari pusat. “Biasanya pembayaran dan pencairan gaji ke 13 dan THR ini pembayarannya bersaman dengan kebijakan yang dikeluarkan pusat,” lanjutnya.

Jika keputusan dalam bentuk PP atau Kepres telah dikeluarkan. Baru semua bisa dipastikan, kapan proses pencairan dan pembayaran gaji PNS bisa dilakukan. Yang jelas katanya, untuk Lotim sendiri, Pemkab telah menyiapkan anggaran dari APBD sebesar Rp 96 miliar, yang akan digunakan untuk membayar gaji ke 13 dan THR semua PNS yang ada di Lotim tahun ini. “Jumlah PNS kita di Lotim 10.846 orang. Ini yang akan menerima gaji ke 13 dan THR  tahun ini,” tutup Subhan. (lie)