Gaet Wisatawan Jerman, Dispar Promosi ke Berlin

BISNIS WISATA: Melalui table top, para pelaku usaha wisata NTB (seller) melaksanakan B to B (business to business) dengan para pelaku usaha wisata dari Jerman (buyer).

MATARAM—Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi NTB, khususnya Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, dengan dibantu Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, untuk mewujudkan target kunjungan wisatawan ke NTB tahun ini (2017) yang ditargetkan sebanyak 3,5 juta wisatawan. Terdiri dari 2 juta wisatawan nusantara (Wisnu), dan 1,5 juta wisatawan mancanegara (Wisman).

Salah satu upaya tersebut, yakni melalui promosi potensi pariwisata Lombok dan Sumbawa (NTB), selama lima hari, 8-15 Maret 2017 di Berlin, Jerman. “Alhamdulillah, selama promosi di Berlin itu, para pelaku usaha wisata kita berhasil mendapatkan 200 paket transaksi,” kata Kepala Dispar NTB, Kamis (16/3).

Disampaikan Faozal, selain Dispar NTB dan BPPD NTB, promosi di Berlin, Jerman itu juga diikuti 9 industri pariwisata NTB, yaitu 4 travel agent dan 5 hotel. “Selama ini pasar Eropa cukup bagus, dan merupakan pasar tradisional wisata kita (NTB),” ujar Faozal.

[postingan number=3 tag=”wisata”]

Wisatawan Eropa sambung Faozal, khususnya dari Jerman, mereka cenderung menyukai wisata alam, seperti pantai dan air terjun. Sehingga sangat cocok dengan berbagai destinasi yang ada di NTB. “Karakter destinasi yang ada di Pulau Lombok dan Sumbawa sangat mereka sukai. Bahkan kita juga telah berhasil melakukan transaksi untuk musim panas maupun musim dingin,” jelasnya.

Pencapaian transaksi promosi wisata di Berlin kali ini dianggap cukup memuaskan, karena mengalami peningkatan hampir 50 persen dibandingkan keikutsertaan NTB pada tahun sebelumnya. Artinya, hal ini sekaligus menunjukkan kalau destinasi wisata NTB sangat diminati oleh wisatawan Jerman.

Disampaikan Faozal, delegasi asal NTB menjadi delegasi industri terbesar ke empat setelah Bali, Jakarta dan Yogyakarta yang dibawa oleh pihak Kementerian Pariwisata RI ke Jerman. “Semoga melalui berbaga upaya promosi wisata seperti yang kita lakukan ini, dapat mewujudkan pencapaian target kunjungan Wisman ke NTB yang sebanyak 1,5 juta wisatawan,” harapnya.

Senada, Ketua BPPD NTB, H. Afan Ahmad, mengatakan bahwa pasar wisata NTB di Benua Eropa masih terbuka lebar. Sehingga perlu dilakukan upaya promosi secara berkelanjutan, sehingga berbagai potensi yang ada di NTB bisa sepenuhnya tereksplor. “Karakter destinasi wisata NTB sangat disukai oleh wisatawan dari Eropa, termasuk Jerman,” singkatnya. (gt)