Gadis Cantik Ini Bersyukur Ada Fitur KIS Digital pada Mobile JKN

Hasanatussirril Baroya

SELONG–Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah dirasakan jutaan masyarakat Indonesia.

Kini masyarakat tidak perlu takut untuk berobat, karena Program JKN-KIS sudah dapat memberikan jaminan untuk dan menanggung biaya pengobatan. Salah satu yang merasakan manfaat dari JKN-KIS adalah gadis yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), ia adalah Hasanatussirril Baroya (23) yang merupakan peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU).

Ia mengaku sering menggunakan JKN-KIS untuk berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di mana ia terdaftar.

“Saya sering menggunakan JKN-KIS di Puskesmas untuk berobat. Adanya JKN KIS sangat membantu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Tidak takut lagi dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk berobat,” ujar Baroya.

BACA JUGA :  Tak Khawatir Gunakan JKN-KIS, Unimah Mengaku Tak Dibedakan

Tidak hanya merasakan kemudahan dalam berobat, menurut Baroya kemudahan yang ia dapat selain berobat, ia juga mendapatkan kemudahan dalam mengakses layanan JKN-KIS. Pasalnya, kemudahan dalam mengakses layanan JKN-KIS berbasis teknologi juga telah disediakan BPJS Kesehatan untuk mempermudah akses peserta. Aplikasi itu adalah aplikasi Mobile JKN yang memiliki berbagai macam fitur untuk mempermudah peserta JKN – KIS dalam mengakses layanan.

“Selama menjadi peserta JKN-KIS, saya mendapatkan berbagai kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan di faskes. Pendaftaran pelayanan pun sangat mudah, bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN tanpa harus mengantre di faskes. Saya sangat merasa terbantu dengan adanya berbagai kemudahan yang diberikan,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Sempat Khawatir Biaya Persalinan, Sunenap Bersyukur Ada JKN-KIS

Lebih lanjut, Baroya menyebutkan bahwa dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini, ia dipermudah untuk mendapatkan berbagai pelayanan JKN-KIS hanya dalam genggaman. Banyak fitur di aplikasi Mobile JKN yang sangat membantunya, salah satu yang paling penting menurutnya adalah adanya kartu digital.

“Saya sendiri merasa sangat terbantu dengan fitur kartu KIS digital, karena saya yang pelupa tidak perlu membawa kartu fisik, hanya dengan smartphone saja bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain itu juga, berbagai macam fitur di dalam aplikasi sangat lengkap seperti mempermudah perubahan faskes, perubahan hak kelas rawat dan pendaftaran layanan kesehatan di faskes. Dengan Mobile JKN, semua kemudahan ada dalam genggaman,” tutupnya. (dh/ay)