‘Front Office’ SKPD Diberikan Pelatihan

ARAHAN: Bupati Lombok Utara H Najmul Akhyar didampingi Kepala Dinas Pariwisata Muhadi memberikan sambutan sekaligus arahan kepada peserta (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG-Pemerintah kabupaten Lombok Utara terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan cara melatih semua front office di seluruh SKPD. Yakni, bagaimana tata cara menerima masyarakat yang berkunjung ke kantor SKPD terkait. Hal ini dikatakan Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar saat memberikan pengarahan dalam pelatihan tersebut.

Najmul berharap, pelatihan ini bisa dicermati seluruh peserta. Sehingga bisa mengaplikasikannya dalam tugas sehari-hari. “Bimtek ini sebagai bentuk peningkatan SDM dari segi pengembangan pengetahuan dan tata cara menerima tamu dengan cara yang baik sesuai dengan visi-misi kabupaten kita,” ujar Bupati di hadapan peserta, Kamis (10/11).

Lanjut bupati, pelatihan ini juga dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, di samping meningkatkan pelayanan administrasi. Menurutnya, sangat penting di setiap instansi mempersiapkan tenaga resepsionis. Maka, perlu diberikan bekal bagaimana tata cara menyambut tamu dengan baik, bagaimana cara berkomunikasi dengan baik. Sehingga masyarakat merasa nyaman dan terbantu dengan adanya resepsionis di depan. ‘’Komunikasi merupakan aspek yang penting dalam hubungan manusia. Etika komunikas bagi tenaga resepsionis harus bisa. Resepsionis harus bisa memahami psikologis dari lawan bicara,” imbuhnya.

Karena itu, Najmul berharapa kepada seluruh peserta pelatihan supaya bisa memperhatikan secara seksama narasumber. Setelah itu, jangan lupa dipraktikkan langsung dalam bertugas. Sehingga tidak ada masyarakat mengeluhkan pelayanan tidak baik. “Kita harus terus tingkatkan pelayanan kepada masyarakat. Jika terlayani dengan baik, maka masyarakat merasa nyaman,” pintanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Lombok Utara, Muhadi menerangkan, pelatihan akan berlangsung selama dua hari. Pelatihan itu diikuti 50 peserta semua SKPD di Lombok Utara. Peserta akan menerima materi dari akademisi, praktisi, dan dinas terkait bagaimana tata cara menerima tamu. “Kita ini menganggarkan pada tahun ini saja. Kedepan nanti diharapkan SKPD terkait bisa melanjutkannya, seperti Bagian Humas dan Protokol maupun Bagian Kepegawaian,” harapnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid