FKH Kampanyekan Budaya Sehat Lingkungan

DORPRIZE: Salah Seorang peraih dorprize utama Ahmad Yani bersama pengurus inti FKH Lombok Tengah (SAPARUDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA-Forum Komunitas Hijau (FKH) Lombok Tengah melakukan kampanye budaya sehat lingkungan lewat sepeda santai, Minggu (9/4).

Kampanye bertemakan ‘sehat itu indah, hijau itu menyehatkan’ diikuti ratusan peserta. Ketua FKH Lombok Tengah, Abdul Kasim mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan satu kali setahun. Di mana sebelum acara puncak dilaksanakan, berbagai macam agenda sudah dilaksanakan sesuai dengan 8 atribut komunitas hijau. ‘’Salah satunya aksi penanaman pohon di sejumlah titik,’’ katanya.

[postingan number=3 tag=”loteng”]

Kasim mengurai, FKH Lombok Tengah memiliki 8 atribut, seperti menciptakan suasana aman, nyaman dan hijau di wilayah perkotaan, perencanaan peduli lingkungan, green planing, green building, pembangunan hijau dan lainnya. Dijelaskan, menciptakan suasana aman, nyaman dan hijau di sejitar wilayah perkotaan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk menerapkan green planning. Artinya pemerintah harus segera membuat planing, bagaiamana menjadaikan wilayah perkotaan ini lebih asri, adem dan hijau serta enak disinggahi.

Selanjutnya green building artinya setiap ada pembangunan yang akan dibangun oleh pemkab, minimal ada 40 persen area disiapkan untuk penghijauan, lebih-lebih saat ini sejumlah SKPM sudah dimekarkan. Kemudian green open, pemerintah harus membuka lahan terbuka hijau untuk unum. Seperti amanah UU RTRW, yakni ada ruang terbuka hijau dibuatkan areal parkir yang sesuai sehingga tidak menggangu publik beraktivitas dan sejumlah program atribut lainnya. ‘’Dan acara puncaknya adalah sepeda santai,’’ katanya. (cr-ap)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid