FK Unram Luluskan 44 Dokter

PENGUKUHAN: Para dokter muda lulusan Fakultas Kedokteran Unram dikukuhkan sekaligus disumpah agar menjalankan tugas dengan baik (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Fakuktas Kedokteran (FK) Universitas Mataram (Unram) kembali meluluskan sebanyak 44 dokter. Mereka yang dinyatakan lulus ini dikukuhkan serta diambil sumpahnya.

“44 orang dokter ini merupakan pengukuhan yang ke-26,” ungkap Rektor Unram, Prof. Ir. H. Sunarpi, PhD, Rabu (5/10).

Jumlah ini lulusan ini, ungkapnya, merupakan yang terbanyak dari pengukuhan tahun-tahun sebelumnya. Dibanding kampus lain, jumlah ini dianggap relatif lebih sedikit. Ini mengingat mahasiswa kedokteran Unram banyak berasal dari keluarga menengah kebawah.

Lantaran itu, Sunarpi mengaku sangat bersyukur dengan adanya bantuan dari Pemerinta Provinsi (Pemprov) NTB. Pemerintah NTB sejauh ini telah mengeluarkan kebijakan pemberian beasiswa bagi kalangan santri yang hendak menimba ilmu di kampus Fakultas Kedokteran (FK) Unram).

 

Berdasarkan data yang ada tahun ini, jelasnya, lulusan dokter di FK terbilang paling banyak yakni 44 Dokter. Hal ini merupakan kebanggan pihak Unram dan FK, begitu juga kebanggaan para orangtua  terhadap anak-anaknya yang mampu menyelesaikan kewajibannya selama menuntut ilmu.

 

Sementara itu, Dekan FK Unrman, dr. Hamsu Kadriyan mengatakan, lulusan dokter terbanyak tersebut baginya adalah kado istimewa buat FK dan Unram yang merayakan dies natalis ke 54. Dari 354 dokter yang sudah diluluskan, sejauh ini sudah banyak ditempatkan di rumah sakit dan lembaga lembaga kesehatan lainnya.

Praktis, pihaknya sangat berterima kasih terhadap para orangtua yang telah mendukung penuh anaknya dalam rangka menyelesaikan program studi dokternya. Dengan banyaknya tersebar dokter di NTB, akan membantu peningkatan IPM yang masih minim.

Dikatakan, FK Unram masuk dalam daftar 10 besar kampus kedokteran yang bersaing dengan UGM, UI dan lainnya. Dengan peringkat yang cukup baik ini, lulusan dokter Unram dipastikan akan mudah dilirik oleh rumah sakit. Baik di NTB maupun di luar daerah.

Tidak hanya itu, Direktur RSUP NTB, dr. Ali Fikri juga menyempatkan diri memberikan gambaran terhadap lulusan dokter muda yang akan meniti karirnya. Dalam kesempatan tersebut, ia menghimbau agar para dokter muda mempersiapkan diri bersaing dan lebih menampakkan kualitasnya

Lontaran ini disampaikan mengingat belakangan ini sudah banyak dokter asing dan lulusan luar negeri yang siap digunakan rumah sakit di seluruh indonesia. "Dokter kita harus tampakkan kualitasnya, karena dokter asing sudah mulai masuk di Indonesia,” tandasnya. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid