FK Unram Kembali Gunakan Tiga Jalur Seleksi

MATARAM—Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mataram (Unram) kembali menggunakan tiga jenis jalur seleksi untuk calon mahasiswa baru. Jalur seleksi pada tahun sebelumnya hanya menggunakan dua jalur tes saja, yakni SNMPTN dan SBMPTN.

“Tambahan jalur yang kita gunakan yakni jalur mandiri,” ungkap Rektor Unram, Prof. H. Sunarpi, Jumat (27/5).

Dari tiga jalur seleksi ini, ungkapnya, hanya sebanyak 70 mahasiswa yang akan diterima. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya menerima 60 orang mahasiswa.

Dari jumlah yang sudah ditentukannya itu, pihaknya membagi persentasenya di setiap jalur seleksi. Pada jalur SNMPTN dan SBMPTN persentasenya masing-masing sebanyak 40 persen. Jumlah ini setara dengan sebanyak 28 calon mahasiswa baru. Kemudian pada jalur mandiri sebanyak 20 persen dengan jumlah sebanyak 14 calon mahasiswa baru.
Adapun untuk jalur SNMPTN sudah diumumkan yang lolos seleksi. Mereka yang lolos tercatat sesuai standar ketentuan nasional dan pihak kampus. Kemudian untuk jalur SBMPTN, tes seleksinya akan dimulai pada 31 Mei 2016 mendatang dan diumumkan pada 16 Juni 2016 mendatang.

Sementara untuk jalur Mandiri yang merupakan kebijakan dengan ketentuan standarnya sudah ditentukan dari pihak kampus. Jalur ini akan dibuka pada 20 Juni sampai 13 Juli 2016 mendatang dengan jumlah sebanyak 20 persen.

Dikatakan, jenis dan pola tesnya tidak jauh beda dengan SBMPTN. Hanya saja jalur ini yang menentukan lolos atau tidaknya calon mahasiswa baru adalah pihak kampus atau pansel Jalur Mandiri.  (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid