Festival Mataram 2016 Dibuka Hari Ini

GLADI : Panitia melakukan gladi resik Festival Mataram tahun 2016 kemarin (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM- Festival Mataram 2016 resmi dibuka hari ini oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh. Pembukaan festival akan menampilkan Tari Burung Koak Kaok dan Kenari Mataram. Burung Koak Kaok merupakan burung kebanggaan kota Mataram dan dilindungi oleh negara dan menjadi lambang daerah. Sedangkan Kenari merupakan pohon yang paling banyak menghiasi Kota Mataram.

Festival Mataram tahun ini bertemakan “Dari Mataram untuk NTB, Mataram Punya Cerita” dan akan digelar selama tiga hari mulai 24 sampai 26 Oktober. Festival dilaksanakan di dua tempat yakni di Lapangan Sangkareang dan Taman Bumi Gora Udayana.” Besok (hari ini_red) Festival Mataram akan dibuka langsung oleh Wali Kota Mataram,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram H. Abdul Latif Najib yang ditemui saat persiapan pembukaan di Lapangan Sangkareang kemarin.

Dalam festival tahun ini, ada empat agenda kegiatan yang akan dilaksanakan yakni parade seni dan budaya di Lapangan Sangkareng (24 November), festival permainan rakyat di Lapangan Sangkareang (25-26 November), pegelaran seni dan budaya di Taman Bumi Gora (25-26), dan Festival Kuliner di Taman Bumi Gora (25-26 November).” Empat agenda utama ini akan jadi fokus,” ungkapnya.

Dijelaskan Latif, dalam pelaksanaan pembukaan nanti pihaknya akan menampilkan beberapa jenis parade budaya. Beberapa kabupaten yang sudah menyatakan diri siap memeriahkan parade diantaranya KLU dengan menghadirkan parade maulid adat. “ Nanti lang lang dan pengucup akan menjemput wali kota di pendopo,” tambahnya.

Festival akan menampilkan konsep pertunjukan yang baru yang diadopsi dari permainan dan kesenian tradisional khas masyarakat Sasak Lombok. Salah satunya nanti Peresean “Mate Tanding” yang dimainkan oleh para Pepadu dari empat kabupaten/kota yakni yakni Mataram, Lombok Barat, KLU dan Lombok Tengah.” Tapi Peresean ini sifatnya eksibisi untuk memberikan hiburan, bukan pertandingan menang kalah,” ungkapnya.

Event Organizer (EO) Festival Mataram Mouren Wenas mengatakan, gladi yang dilaksanakan kemarin dipastikan semua persiapan tuntas 100 persen.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid