Femilia: Menjadi Peserta JKN-KIS Adalah Berkah Bagi Saya

Femilia Nopianti (23) peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) dari Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

SELONG–Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjadi suatu berkah bagi masyarakat yang sudah tertolong karena adanya program ini. Begitu juga bagi Femilia Nopianti (23).

Femilia sapaan akrabnya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ditemui di kediamannya, Femilia mengatakan bahwa diirnya merasakan perubahan setelah kehadiran Program JKN-KIS. Menurutnya, ada perubahan yang signifikan saat dirinya mengakses pelayanan kesehatan di Puskesmas, sebelum dan sesudah menjadi peserta JKN-KIS.

“Jika saya bandingkan pengalaman saya ketika belum menjadi peserta JKN-KIS (pasien umum) dengan setelah menjadi peserta JKN-KIS, saya mendapatkan pelayanan yang sama oleh dokter praktik di Puskesmas dan rumah sakit, mulai dari pelayanan yang ramah, penjelasan dokter yang sangat baik, hingga proses rawat inap yang cepat,” ujar Femilia.

BACA JUGA :  BPJS Kesehatan Selong Gelar Monitoring dan Evaluasi KBK di Puskesmas Suralaga

Lebih lanjut, Femilia menceritakan pengalamannya saat menggunakan JKN-KIS dan mendapatkan pelayanan yang sama tanpa dibedakan dengan peserta yang lain, usai menjalani rawat inap pun ia tidak dikenakan biaya sama sekali.

“Dengan menjadi peserta JKN-KIS, saya merasa sangat terbantu karena semua biaya dokter, obat, hingga rawat inap ditanggung penuh JKN-KIS, inilah bentuk gotong royong antara peserta JKN-KIS, yang sehat menolong yang sakit dengan iuran yang dibayarkannya,” lanjut Femilia.

BACA JUGA :  Yuliana Rasakan Kemudahan Berobat Berkat JKN-KIS

Di akhir perbincangan, Femilia sangat berterima kasih kepada pemerintah, khususnya kepada BPJS Kesehatan yang telah bersungguh-sungguh dalam mengemban amanah untuk menjalankan Program JKN-KIS. Terkahir, ia berharap bahwa ke depannya Program JKN-KIS bisa lebih memudahkan peserta yang ingin mengakses layanan kesehatan, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun rumah sakit.

“Semoga BPJS Kesehatan semakin mampu menjamin berbagai macam penyakit, semakin memudahkan peserta dan membuat peserta  selalu merasa puas di manapun dan kapanpun,” tutup Femilia. (dh/ay)

Artikel asli dimuat di

https://www.jamkesnews.com/jamkesnews/berita/detail/tmn/28658/20210505/femilia-menjadi-peserta-jkn-kis-adalah-berkah-bagi-saya