Farin Tak Kunjung Dilantik, Gerindra Ragukan Gubernur

Sudirsah Sujanto (Ahmad Yani/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Tak kunjung terbitnya SK PAW Wakil Ketua DPRD NTB dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dipertanyakan Fraksi Partai Gerindra. Dalam hal ini, Gerindra sangsi atau meragukan Gubernur NTB. Jangan-jangan belum mengirimkan surat usulan pergantian Wakil Ketua DPRD NTB ke Mendagri.

Diketahui, Wakil Ketua DPRD NTB dari Fraksi Gerindra Mori Hanafi digantikan Nauvar Furqoni Farinduan. “Kami belum sepenuhnya percaya bahwa surat usulan pergantian itu sudah dikirim pemprov kepada Mendagri sampai kami lihat bukti fisik pengiriman,” ucap Anggota DPRD NTB Dapil Lombok Utara-Lombok Barat tersebut, kemarin.

Diungkapkan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Tata Tertib DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota disebutkan bahwa pelantikan Wakil Ketua DPRD Hasil PAW paling lambat dilakukan satu bulan dari sejak paripurna persetujuan PAW dengan mengacu pada SK Mendagri.

BACA JUGA :  Komisi IX Teruskan Usul Vaksinasi Covid-19 Wartawan ke Kemenkes

Namun kenyataannya, hingga satu bulan lebih sejak dikirimkan surat usulan kepada Mendagri melalui Gubernur, SK pengangkatan dari Mendagri tak kunjung terbit. Sebab itu, Fraksi Partai Gerindra menduga bahwa Gubernur menahan dan belum mengirimkan surat usulan pergantian itu kepada Mendagri. “Jika mengacu kepada PP Nomor 12 Tahun 2018, seharusnya SK Mendagri harus sudah terbit awal Juni ini,” tandas mantan Ketua DPC Gerindra KLU tersebut.

BACA JUGA :  Farouk Paling Potensi Diusung PKB dan Demokrat

Ia memastikan Gerindra tidak akan tinggal diam. Pihaknya akan ke Mendagri untuk mengecek secara langsung, apakah surat usulan pergantian itu sudah dikirim atau belum oleh pemprov. “Kami akan cek kepada Mendagri, apakah berkas surat usulan pergantian itu sudah dikirim atau tidak,” paparnya.

Ditegaskan, dengan tak kunjung terbitnya SK Mendagri dan pelantikan Wakil Ketua DPRD NTB hasil PAW menghambat kerja-kerja legislasi dan politik dari Fraksi Partai Gerindra. Pihaknya tidak ingin tersandera dengan tak kunjung dilantiknya Wakil Ketua DPRD hasil PAW dari Fraksi Gerindra. (yan)