
SUMBAWA BESAR–Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) menargetkan peningkatan status RSUD H.L. Manambai Abdulkadir di Sumbawa, menjadi rumah sakit tipe B dapat tercapai sebelum Hari Ulang Tahun (HUT) NTB.
Penegasan ini disampaikan langsung oleh Asisten II Setda NTB, H. Lalu Mohammad Faozal, saat melakukan kunjungan lapangan ke rumah sakit tersebut, pada Selasa (24/6/2025). “Saya hadir untuk memastikan langsung kesiapan rumah sakit ini menuju tipe B. Roadmap-nya sudah jelas,” ujar Faozal.
Ia menegaskan, Pemprov NTB berkomitmen mengawal penuh peningkatan kualitas layanan rumah sakit ini, demi memenuhi kebutuhan masyarakat Sumbawa akan fasilitas kesehatan yang lebih lengkap dan setara dengan rumah sakit di Mataram.
“Kenapa harus tipe B? Supaya masyarakat di Pulau Sumbawa tidak perlu lagi jauh-jauh ke Mataram untuk mendapat layanan kesehatan yang lengkap,” jelas Faozal.
Hal ini kata dia, sesuai dengan janji yang disampaikan Gubernur NTB Lalu Muhamad Iqbal, kepada warga Pulau Sumbawa.
Menurutnya, RSUD Manambai Abdulkadir telah menunjukkan kesiapan yang signifikan dari sisi struktur dan semangat internal. Hanya saja, masih ada beberapa komponen krusial yang perlu dipercepat penyelesaiannya yakni, Sumber daya manusia (SDM), Fasilitas penunjang, dan Layanan publik.
“Ada beberapa masalah yang masih harus kita urai, terutama soal SDM dan fasilitas. Tapi secara umum mereka sudah siap. Yang perlu kita dorong lebih keras adalah di dua aspek itu,” ujar mantan Kepala Dinas Pariwisata NTB ini.
Faozal juga mengapresiasi semangat jajaran manajemen rumah sakit dan masyarakat Sumbawa, dalam menyambut rencana peningkatan kelas rumah sakit tersebut.
“Ini semangat bersama. Pemerintah provinsi mengawal, dan teman-teman di RS Manambai punya energi yang sama agar rumah sakit ini benar-benar naik kelas,” tandas Faozal.
Dengan naiknya status menjadi tipe B, RSUD H.L. Manambai Abdulkadir diharapkan mampu memberikan layanan kesehatan yang lebih komprehensif, termasuk ketersediaan dokter spesialis, peralatan medis modern, serta sistem layanan yang lebih cepat dan profesional. (rl)