Faisal Basri Bicara Kemandirian Daerah di Lobar

CINDERAMATA : Faisal Basri menerima cinderamata dari Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid saat datang ke Giri Menang kemarin.

GIRI MENANG– Pemerintah Kabupaten Lombok Barat mengundang ekonom nasional, Faisal Basri, berceramah terkait kemandirian ekonomi daerah berbasis produk unggulan di hadapan ratusan pejabat Pemkab Lombok Barat di Giri Menang kemarin.

Ceramah Faisal Basri diawali oleh sambutan Bupati H. Fauzan Khalid. Fauzan menyampaikan terima kasih atas nama Pemkab Lombok Barat atas kedatangan Faisal Basri untuk berbagi ilmu.

Dalam konteks daerah, dua tujuan utama kegiatan ini adalah peningkatan wawasan aparatur. Pada kesempatan ini bupati merilis Peraturan Bupati (Perbup) Pusat Klinis Perencanaan (Center for Planning Clinic) dimana koordinasi masif menjadi kunci utama. Kuliah umum ini menjadi salah satu langkah awal peningkatan kapasitas pusat klinis anggaran di bawah koordinasi Bappeda.

Sementara itu dalam ceramahnya, Faisal Basri banyak menyajikan data data umum nasional dan regional, termasuk data lokal kabupaten Lombok Barat. Secara nasional, pertumbuhan ekonomi sangat ditopang oleh laju pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia Timur.
Pertumbuhan ekonomi Lombok Barat sendiri katanya, berada di bawah rata-rata nasional dan Provinsi NTB yaitu 6,39 persen di tahun 2015. Gini rasio atau gap kaya dan miskin berada pada posisi 0,35, masih lebih baik dari NTB yang angkanya 0,39, namun lebih buruk dari rata-rata nasional yakni 0,27.

Andalan Lombok Barat adalah sektor industri akomodasi/ restauran/ hotel yang di NTB mencapai 8,5 persen jauh dari Bali yang mencapai 22,2 persen.
Sektor ini harus dikembangkan dan menjadi salah satu sektor andalan dalam membangun basis kemandirian daerah.(git)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut