Enam SD dan SMP Wakili NTB

MATARAM – Sebanyak enam Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SD/SMP)  akan mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat di ajang lomba tata kelola dana Bantuan Operasioan Sekolah (BOS) di tingkat Nasional tahun 2016.

Sebanyak enam SD dan SMP ini  dinilai telah mengelola dana BOS sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksana (juklak/juknis). “Kita targetkan bisa meraih juara I baik itu untuk tingkat SD maupun SMP di tingkat nasional nanti,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Provinsi NTB, Lalu Yahya Senin kemarin (20/6).

Sebanyak enam SD dan SMP yang mewakili Provinsi NTB di lomba tata kelola dana BOS tingkat nasional tahun 2016 ini adalah tiga Sekolah Dasar (SD) diantaranya peringkat I SDN 19 Kota Bima, peringkat II SDN 2 Utan Sumbawa dan peringkat III SDN 1 Ampenan. Kemudian untuk jenjang SMP, peringkat I SMPN 1 Sumbawa Besar, peringkat II SMPN 2 Masbagik, dan peringkat II SMPN 1 Kediri.

Yahya mengatakan, penilaian dilakukan oleh dua tim yang berasal dari Inspektorat  Provinsi NTB, Pengawas Pendidikan dan Tim Manajemen dana BOS Provinsi NTB. Penilaian sendiri dilakukan dari tanggal 2-7 Juni 2016. Dimana, setiap kabupaten/kota mengirimkan 2 SMP dan 3 SD untuk diikutkan pada lomba tata kelola dana BOS tingkat Provinsi NTB. Kemudian dipilih tiga sekolah untuk masing-masing jenjang pendidikan yang akan mewakili NTB di kancah nasional. “Pemanfaatan dana BOS sesuai Juklak dan Juknis yang dinilai itu selama tahun 2015 dan triwulan I tahun 2016,” sebutnya.

BACA JUGA :  April, Nilai Ekspor NTB Turun 13,57 Persen

Beberapa komponen penilaian yang menjadi acuan dalam lomba tata kelola dana BOS di jenjang SD dan SMP tersebut ada empat instrument yakni , perencanaan, pelaksanaan, surat pertanggungjawaban (SPJ) dan dampak /manfaat dari dana BOS tersebut apakah mampu meningkatkan mutu serta kualitas pendidikan di sekolah tersebut atau sebaliknya.

Selain itu  juga masalah transparan serta basis administrasi dan fisik dari realisasi penggunaan dana BOS tersebut juga menjadi penilain utama. Yahya optimis dari tiga SD dan tiga SMP yang menjadi wakil NTB di ajang lomba tata kelola dana BOS tersebut akan meraih juara di tingkat nasional.

Sebagaimana pengalaman tahun sebelumnya selama dua tahun berturut-turut yakni di tahun 2014 SMPN 1 Labuan Badan Sumbawa meraih juara I tingkat nasional, kemudian di tahun 2015 Provinsi NTB kembali meraih juara I tingkat nasional ketika itu di wakili SMPN 6 Mataram. “Insya Allah kita optimis dengan pengalaman sebelumnya wakil NTB akan kembali meriah juara I untuk ketiga kalinya,” tutup Yahya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaSyamsul Qomar Siap Bawa Demokrat Lebih Baik
Berita berikutnyaMasih Ingin Sendiri