Enam Peserta Seleksi PPPK Nakes Langsung Gugur

PPPK NAKES : Peserta seleksi PPPK Nakes Kota Mataram tengah menunggu pelaksanaan tes CAT, Rabu (7/12). (ISTIMEWA/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Pelaksanaan tes seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) formasi tenaga kesehatan (nakes) Pemkot Mataram tahun 2022 sudah dimulai. Enam pelamar PPPK nakes seleksi hari pertama dinyatakan gugur karena tidak hadir saat tes menggunakan sistem computer asissted test (CAT) di Kantor UPT BKN Mataram, Rabu (7/12).  ‘’Pada hari pertama ada 6 peserta yang tidak hadir. Mereka langsung dinyatakan gugur,’’ sebut Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi (PPI) Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Agung Pramono, Rabu (7/12).

Agung menjelaskan, seleksi PPPK nakes Kota Mataram yang lulus seleksi administrasi 327 orang. Sebanyak 290 pelamar dijadwalkan melaksanakan tes CAT yang digelar dua hari di Kantor UPT BKN Kota Mataram dan 36 pelamar mengikuti tes di Hotel Lombok Raya. Kemudian satu peserta mengikuti tes di Poltekkes Lampung. ‘’Jadi tes CAT PPPK nakes dilaksanakan dua hari untuk Kota Mataram yang dapat jadwal pertama di NTB,’’ katanya.

Baca Juga :  Jualan Sabu karena Permintaan Ibu

Agung menyayangkan, ketidakhadiran pelamar yang tidak mengikuti tes karena mereka bisa disebut gugur sebelum berperang. Sementara banyak pelamar lainnya yang tidak lulus seleksi administrasi. ‘’Sangat disayangkan juga karena tanpa keterangan juga soalnya. Masih mending kalau dia terlambat datang atau bagaimana,’’ ujarnya.

Tes hari pertama digelar tiga sesi dengan 50 orang paserta setiap sesi. Pada sesi kesatu hari pertama, dari 50 peserta yang dijadwalkan mengikuti tes, satu orang tidak hadir saat tes dilaksanakan. Kemudian sesi kedua, dua peserta tidak hadir, dan sesi ketiga, tiga peserta tidak hadir. ‘’Semuanya tidak hadir tanpa keterangan sehingga langsung dinyatakan gugur,’’ ungkapnya.

Dari rekapan data peserta, seluruh peserta seleksi PPPK nakes Kota Mataram tidak ada dari luar daerah. Seluruhnya berasal dari pulau Lombok. Pelamar akan memperebutkan 50 formasi PPPK nakes yang akan ditempatkan di puskesmas dan RSUD Kota Mataram. ‘’Yang satu orang tes di Lampung itu dari Lombok juga. Dia dari Lombok Barat tapi sedang tugas di Poltekkes Lampung. Dia penempatan di sana oleh Kemenkes. Kan tinggal dia milih tesnya di mana,’’ terang Agung.

Baca Juga :  Sirkuit Tohpati Lebih Favorit Menggelar MXGP

Jalannya tes di hari pertama sempat terganggu karena jaringan internet yang sempat terganggu. ‘’Tadi terkendala jaringan internet karena di hari pertama dan langsung banyak yang pakai. Tes tadi sempat mundur 20 menit dari jadwal,’’ jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris BKPSDM Kota Mataram, Taufik Priyono mengatakan, tes seleksi PPPK nakes masih dilanjutkan hari kedua dengan tiga sesi juga. ‘’Khusus pada sesi ketiga besok, pesertanya gabungan juga dari Lombok Barat,’’ katanya. (gal)

Komentar Anda