Enam Desa Penyangga Mandalika Dapat 1.200 Paket Sembako

MENYERAHKAN: Pihak ITDC saat menyerahkan 1.200 paket sembako untuk warga di enam Desa Penyangga, Kamis kemarin (21/5/2020). (m hareudin/radarlombok.co.id)

PRAYA—Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengembang dan pengelola destinasi pariwisata The Nusa Dua, Bali dan The Mandalika, NTB. Menyalurkan 1.200 paket sembako kepada masyarakat yang paling terdampak pandemi COVID-19 di enam desa penyangga The Mandalika.

Enam desa tersebut antara lain Desa Kuta, Sengkol, Sukadana, Rembitan, Mertak, dan Prabu di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Bantuan yang diberikan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ITDC Lawan Corona, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang digelar ITDC dalam mendukung pencegahan penyebaran virus Corona atau COVID-19 di lingkungan masyarakat desa penyangga.

Paket sembako yang masing-masing terdiri dari 5 kg beras premium, 1 kg gula pasir, 1 kotak teh celup, 1 liter minyak goreng, dan 250 gr garam tersebut diserahkan oleh Dewan Komisaris ITDC Ir. H. Irzani didampingi oleh Operations Head The Mandalika I Made Pariwijaya, bertempat di enam kantor Desa Penyangga The Mandalika, yang diterima secara langsung oleh masing-masing Kepala Desa.

Irzani menjelaskan bahwa, bantuan ini ditujukan untuk meringankan beban masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri. “Bantuan sembako ini kami harap dapat membantu masyarakat utamanya pada tingkat pra-sejahtera, yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan primernya disebabkan oleh dampak COVID-19, khususnya dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Disamping itu, bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional, ITDC juga mengajak masyarakat desa penyangga untuk tidak patah semangat menghadapi terpuruknya sektor pariwisata sekarang ini. Mari kita terus berikhtiar dan berupaya dengan sungguh-sungguh, sambil tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan sehari- hari, sehingga dapat mendukung pemutusan penyebaran Covid-19 dan mempercepat pemulihan situasi di lingkungan masing-masing,” ungkap Irzani, Kamis kemarin (21/5/2020).

Operations Head The Mandalika Pari Wijaya menambahkan, BUMN harus tetap dirasakan kehadirannya di tengah-tengah bangsa Indonesia, apalagi dalam masa pandemi COVID-19. “Kegiatan penyaluran sembako ini kami laksanakan secara rutin tiap tahunnya, sebagai bentuk kepedulian BUMN terhadap masyarakat. Jadi BUMN ada bukan hanya untuk mengerjakan proyek strategis, tapi juga untuk membantu masyarakat menghadapi kondisi-kondisi yang sulit,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kuta Kecamatan Pujut, Mirate menyampaikan bahwa semua penyaluran bantuan ITDC kepada desa penyangga dalam segala bentuk selalu dikoordinasikan dengan perangkat desa agar bantuan tersebut tepat sasaran.

“ITDC telah berkoordinasi dengan kami dari jauh-jauh hari mengenai kondisi sosial dan ekonomi masyarakat desa penyangga, salah satunya adalah Desa Kuta. Penyaluran bantuan sembako ini kami rasa sangat tepat, karena banyak anggota masyarakat yang sedang membutuhkan,” jelas Mirate.

Sebelumnya ITDC juga telah menyalurkan sembako seberat 560 kg, terdiri dari 350 kg tepung terigu dan 210 kg beras dengan menggandeng Korem 162/Wira Bhakti (Korem 162/WB). Bantuan ini diserahkan kepada masyarakat Desa Bagu pada hari Minggu (17/5) oleh Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, setelah serah terima bantuan dilakukan dari ITDC kepada Korem 162/WB pada Sabtu (16/5). Kerjasama dengan Korem 162/WB ini dilakukan agar bantuan dapat disalurkan tepat  sasaran.

Selain menyerahkan bantuan kepada masyarakat desa penyangga The Mandalika, ITDC juga menyampaikan bantuan paket sembako bagi masyarakat desa penyangga The Nusa Dua Bali. (met)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid