Enam Alumni Mendaftar Jadi Caketum IKA Unram

Dr Iwan Harsono
Dr Iwan Harsono

MATARAM – Pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Mataram (Unram) ke IV akan digelar 28-30 Mei mendatang di salah satu hotel di Kota Mataram. Hingga Senin 24 Mei, sudah ada 6 alumni yang mendaftar bakal ikut berkompetisi dalam perebutan calon ketua umum (caketum) IKA Unram.

“Sampai saat ini sudah ada 6 orang bakal calon yang telah mengambil formulir pendaftaran,” kata Ketua Steering Committee Munas IKA Unram Dr Iwan Harsono kepada Radar Lombok, Senin (24/5).

Dikatakan Iwan Harsono, berbagai persiapan sudah dilakukan oleh panitia untuk mensukseskan Munas ke IV IKA Unram. Panitia juga membuka pendaftaran dari tanggal 20-27 Mei. Adapaun tim yang sudah mengambil formulir pendaftaran diantaranya, tim perwakilan H Lalu Winengan, tim perwakilan Syahrul Mustofa, tim perwakilan Ali Utsman Ahim dan tim H Faurani. Selanjutnya, tim dari Hj Isvie Rupaida dan tim perwakilan dari Sigap.

Iwan Harsono menyebut masih ada waktu bagi alumni yang lain untuk mendaftar sampai hari terakhir 27 Mei mendatang. Dia juga juga terus mendorong para alumni untuk ikut maju dalam pemilihan ketum IKA Unram periode selanjutnya. Sebab IKA Unram saat ini mewadahi sedikitnya 75.000 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

Iwan meyakini sepenuhnya, bahwa 75.000 alumni Unram tersebut merupakan talenta-talenta terbaik, sehingga didorong untuk bisa berkhidmat memimpin IKA Unram periode mendatang.Tidak sedikit diantara para alumni Unram tersebut. Bahkan kini tengah melanjutkan pendidikan di berbagai negara. Mereka juga memiliki dan menjalani profesi yang beragam.

BACA JUGA :  10 Alumni Ambil Formulir Pendaftaran Pemilihan Ketum IKA Unram

“Sinergitas tersebut bukan hanya sekadar untuk pekerjaan atau bisnis pribadi semata, tetapi juga membangun jejaring yang kuat untuk turut berkontribusi positif bagi almamater dan pembangunan daerah di NTB, serta juga secara nasional,” kata pria alumnus program doktoral University of New England Australia ini.

Mengenai persiapan Munas, Iwan memaparkan bahwa seluruhnya berjalan sesuai rencana. Seluruh timeline Munas berjalan tepat waktu. Steering Committee sendiri lebih banyak bertugas dan bertanggungjawab sebagai pengarah atau pengendali dan juga penasihat dan pengawas dalam kegiatan Munas.

“Kami dari Steering Committee terus bersinergi dengan Organizing Committee agar Munas IV IKA Unram berlangsung secara demokratis dan transparan dengan sesuai aturan organisasi sehingga tidak akan menjadi persoalan di kemudian hari,” ujar Dr Iwan yang pernah menjadi President Indonesian Students’ Association in Armidale Australia 1997 ini.

 Di menambahkan, sejauh ini Steering Committee terus mendengar dan mencatat banyak masukan yang konstruktif dari para tokoh dan alumni dalam hal pelaksanaan Munas dan hal tersebut menjadi atensi dan diskusi dalam rapat -rapat Steering Committee.

“Sepanjang masukan dan kritik itu tidak bertentangan denga AD/ART dan PO Organisasi, kami akomodir semua untuk kebaikan bersama,” tandas Iwan.

Untuk diketahui, IKA Unram didirikan pada tanggal 25 September 1993 di Mataram oleh sejumlah tokoh alumni Universitas Mataram yang memiliki kepedulian untuk melanjutkan pengabdian kepada almamater setelah menyelesaikan studi di Universitas Mataram. IKA Unram dibentuk sebagai satu wadah perjuangan kolektif yang bertujuan untuk memanifestasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama untuk pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan serta pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara.

BACA JUGA :  Ukir Prestasi Lewat Pidato

Adapun kegiatan Munas ke IV periode 2016-2020 yang diketuai oleh Sirra Prayuna, semestinya dilaksanakan pada tahun 2020, akan tetapi karena situasi pandemi Covid-19 menjadi faktor keadaan darurat yang membuat tertunda. Untuk itu Pengurus Pusat IKA Unram melalui keputusan ketua Umum PP IKA Unram tentang jadwal pelaksanaan MUNAS IV IKA Unram dilaksanakan pada tahun 2021 sambil mempertimbangkan kondisi dan keadaan serta situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Untuk diketahui, yang mempunyai suara dalam pemilihan Ketum IKA Unram dalam Munas nanti adalah, 1 orang Pengurus Pusat (PP) IKA Unram,  empat orang utusan pengurus wilayah IKA Unram, PW IKA Unram Provinsi NTB, PW IKA Unram Jabodetabek, PW IKA Unram Bali, PW IKA Unram Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, 13 orang utusan pengurus daerah IKA Alumni Universitas Mataram yang ada di seluruh Indonesia. Kemudian, ada 12 orang pengurus Fakultas IKA Unram yang tersebar di setiap fakultas, 10 orang pembina IKA Unram, serta 10 orang peserta peninjau. (adi)