Enam ABK Terjangkit Corona

DIRAWAT : Enam orang ABK sedang menjalani perawatan di RSU Labuhan Haji. ( M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG- Sebanyak  enam Anak Buah Kapal (ABK) di Darmaga Labuhan Haji terjangkit Covid-19. Mereka ini adalah ABK pencari ikan yang kebetulan sedang melintas di perairan Labuhan Haji. Kapal pencari ikan ini  berasal dari Jakarta. Mereka sudah tiga hari lalu berada di sekitar perairan Labuhan Haji. Para ABK ini diketahui terpapar Covid-19 setelah pihak pelabuhan melaporkannakhoda kapal mengalami sakit sehingga meminta izin menyandarkan kapal.” Memang benar ada en am  ABK kapal penangkap ikan    terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka sekarang ini sedang menjalani perawatan di RSU Labuhan Haji,”  kata Jubir Satgas  Covid-19 Lotim, Budiman Satriadi, ketika dikonfirmasi kemarin.

Setelah mendapat laporan itu, KKP Pelabuhan Haji langsung berkoordinasi dengan petugas Puskesmas.  Sebelum diizinkan bersandar, pihak pelabuhan bersama tim medis  melakukan pemeriksaan di atas kapal terhadap 25 ABK termasuk nakhodanya.  Hasilnya enam orang dinyatakan positif.” Penanganan yang kita berikan sesuai dengan Prokes. Mereka langsung kita bawa ke Rumah Sakit Umum Labuhan Haji guna menjalani isolasi dan perawatan. Sedangkan ABK lainnya isolasi mandiri di atas kapal selama 14 hari. Dan mereka tidak kita perbolehkan untuk turun,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Polisi Gerebek Lokasi Sabung Ayam di Kotaraja

Selain penanganan terhadap enam ABK yang positif itu, pihaknya juga telah melakukan tracing kontak dengan semua pihak yang punya riwayat kontak langsung dengan ABK yang positif tersebut. Namun untuk sementara  ini Budiman belum mengetahui secara pasti dimana ABK yang positif itu tertular.” Yang pasti kapal itu tidak boleh berlayar kemana-mana dan harus menjalani masa karantina selama 14 hari. Sehingga semuanya dinyatakan bebas Covid-19,” tegasnya.

BACA JUGA :  Petani Tembakau Diusulkan Dapat BLT dari DBHCHT

Tidak hanya penanganan terhadap ABK, Satgas juga telah dikerahkan ke atas kapal untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Sementara bekal para ABK di dalam kapal semuanya telah disiapkan sendiri.

Direktur RSU Labuhan Haji, Syarif Hidayatullah, membenarkan jika saat ini pihaknya sedang merawat enam orang ABK yang positif Covid-19.”Setelah melalui proses pemeriksaan PCR, awak kapal itu dinyatakan positif,” tutupnya.(lie)