Empat Profesor Bersaing di Pemilihan Rektor UIN Mataram

Prof H Masnun bersama Prof H Fahrurrozi (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Panitia Pemilihan Calon Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram telah menutup penyerahan berkas para calon pada Senin (19/4). Hingga hari terakhir batas penyerahan berkas, Senin (19/4), hanya empat orang yang mendaftar. Keempat orang tersebut merupakan para guru besar di UIN Mataram dengan menyandang gelar akademik profesor.

Keempat bakal calon Rektor UIN Mataram yang menyerahkan berkas ke panitia tersebut, adalah Prof H Masnun, Prof H Mutawali, Prof Adi Fadli dan terakhir Prof H Fahrurrozi.

“Sudah ada empat nama bakal calon yang telah menyerahkan persyaratan ke sekretariat panitia. Keempat nama tersebut menyerahan dokumen persyaratan,” kata Ketua Panitia Penjaringan Rektor UIN Mataram, Dr Winengan, kepada Radar Lombok, Senin (19/4).

BACA JUGA :  Murid PAUD Sandat Diwisuda

Sebelumnya panitia pemilihan rektor UIN Mataram periode 2021 -2025 telah membuka pendaftaran bakal calon sejak 6-19 April. Hingga hari terakhir pendaftaran dan penyerahan berkas, ternyata hanya empat orang yang merupakan guru besar di UIN Mataram yang mendaftar.  Selanjutnya, setelah penyerahan berkas, akan dilanjutkan dengan verifikasi berkas terhadap keaslian berkas dan kelengkapan dokumen persyaratan lainnya.

Dijelaskan Winengan, pelaksanaan verifikasi berkas dilakukan tanggal 20 – 23 April, sementara hasil verifikasi akan diumumkan pada 26 April mendatang siapa saja yang lulus menjadi bakal calon rektor. Selanjutnya,panitia menyerahkan hasil verifikasi bakal calon kepada rektor tanggal 27 April. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan berkas oleh rektor kepada Senat tanggal 28 April. Setelah itu, Senat melakukan rapat Senat dalam rangka pemberian pertimbangan kualitatif kepada bakal calon rektor oleh Senat tanggal 29 April. Selanjutnya hasil penilaian tersebut diserahkan ke Kemenag RI melalui Rektor tanggal 24 Mei- 24 Juni 2021.

BACA JUGA :  Semua Murid Hadir di Hari Kedua UN

“Setelah hasil penilaian Senat itu di Kemenag RI, nantinya akan dibentuk Komisi Seleksi melakukan seleksi terhadap calon rektor mulai tanggal 24 Juni – 24 Juli 2021,” terangnya. (adi)