Empat Pimpinan DPRD NTB Definitif Resmi Dilantik

Isvie Ambil Palu Pimpinan DPRD NTB

PENGUCAPAN SUMPAH: Empat Pimpinan DPRD NTB definitif ketika diambil sumpah dan janji jabatan sebabagi Pimpinan DPRD NTB masa bakti 2019-2024, Kamis (10/10). (faisal haris/radarlombok.co.id)

MATARAM–Empat Pimpinan Definitif DPRD Provinsi NTB masa bakti 2019-2024, resmi dilantik, dan diambil sumpah janji jabatan oleh Pengadilan Tinggi NTB, yang diwakili oleh Hakim Tinggi, melalui Rapat Paripurna di Ruang Sidang Utama DPRD NTB, Kamis (10/10/2019).

Sidang paripurna istimewa pelantikan empat pimpinan DPRD NTB, yakni Ketua Hj Baiq Isvie Rupaeda (Partai Golkar), dan para Wakil Ketua yaitu Mori Hanafi (Gerindra), H. Muzihir (PPP), dan Abdul Hadi dari PKS. Sidang dipimpin oleh Wakil Ketua Sementara, Ridwan Hidayat, berlangsung lancar dan hikmat.

Proses penetapan empat Pimpinan DPRD NTB tersebut didasarkan pada Keputusan Mendagri RI tentang peresmian pengangkatan Pimpinan DPRD NTB. Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah, serta penyerahan palu dari Wakil Ketua Sementara kepada Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda.

BERITA ACARA: Usai di lantik, empat Pimpinan DPRD NTB melakukan penandatanganan berita acara. (faizal haris/radarlombok.co.id)

Disampaikan Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda, dengan pengambilan sumpah janji jabatan sebagai pimpinan DPRD NTB masa bakti 2019-2024, maka pihaknya akan melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan sebaik-baiknya. “Insya Allah kami akan menjalankan dengan sebaik-baiknya, selurus-lurusnya, dan sebenar-benarnya, serta seadil-adilnya,” ucap Isvie, usai pengambilan sumpah janji jabatan sebagai Pimpinan DPRD NTB.

Selanjutnya, Isvie menyampaikan ucapan terimakasih secara pribadi kepada Partai Golkar, atas diberikannya kepercayaan untuk kembali memimpin DPRD NTB sebagai Ketua. “Izinkan kami secara pribadi mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Partai Golkar, khususnya kepada Ketua Umum Partai Golkar, atas dukungan dan kepercayaan kepada kami untuk memimpin DPRD NTB masa jabatan 2019-2024,” ungkapnya.

Kepada Gubernur NTB serta jajaran Pemerintah Provinsi NTB, Sekretariat DPRD NTB, dan seluruh tamu undangan, Isvie juga tidak lupa secara pribadi mengucapkan terimakasih. Termasuk kepada Pengadilan Tinggi NTB yang telah membantu proses pelaksanaan sidang paripurna dan pengambilan sumpah janji jabatan, sehingga bisa berjalan dengan baik. “Secara khusus apresiasi kami dan terimaksih kami juga kepada yang mulia Ketua Pengadilan Tinggi yang diwakili Hakim Tinggi, yang telah membantu kami dengan ikhlas, dalam rangka pengucapan sumpah janji jabatan Pimpinan DPRD NTB,” sambungnya.

GUBERNUR: Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, ketika memberikan sambutan. (faisal haris/radarlombok.co.id)

Dengan dukungan semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan pelaksanaan pengambilan sumpah janji jabatan pimpinan DPRD NTB, kata Isvie, akan menambah kekuatan dan semangat, serta pemberi ispirasi kepada dia, dalam memasuki tugas pengabdian sebagai Pimpinan DPRD NTB.

Menurut Isvie, tugas kepemimpinan di lembanga legislatif ini merupakan sebuah amanat yang sangat mulia, dan menuntut pertanggungjawaban yang tinggi. Sehingga harus senantiasa dijaga dan ditunaikan seoptimal mungkin. Mengingat memimpin lembaga DPRD NTB ini sangat strategis, untuk menjalankan peran, tugas, dan fungsi DPRD NTB lima tahun kedepan.

“Karena itu, Insya Allah kami akan selalu menjaga kepercayaan yang diberikan kepada kami, guna menjadikan lembaga DPRD yang senantiasa mendapatkan kepercayaan rakyat di dalam mengemban fungsi konstitusionalnya, serta menjaga proses demokrasi sesuai rambu-rampu konstitusi,” terangnya.

Pihaknya sangat menyadari, dalam melaksanakan tugas ke depan tentu tidak gampang. “Kami akan menghadapi tantangan dan kendala yang tidak ringan, disamping melanjutkan tugas masa jabatan sebelumnya, termasuk penyelesaian pekerjaan yang belum tuntas, juga mengingatkan kami untuk terus berupaya mengembangkan iklim kerja yang kondusif dan meningkatkan kinerja bagi terwujudnya visi dan misi NTB yang Gemilang,” tambahnya.

Karena itu, pihaknya beraharap ada sinergitas dan kekompakan antar seluruh anggota dewan dan gubernur, serta seluruh jajarannya untuk suksesnya roda pemerintah, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Provinsi NTB. Mengakhir sambutan, Isvie juga menyampaikan sebuah pantun. “Bunga melati kembangnya lebat, datang lebah untuk menghisap. Sahabat sejati memberi nasehat, agar diri ini tidak tersesat”.

Sementara sambutan singkat disampaikan Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, yang memberikan ucapan selamat kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD NTB atas pelantikannya. “Mudah-mudahan sinergi dan kerjasama yang sudah baik yang terbangun selama ini, dengan hadirnya pimpinan definitif hari ini (Kamis, red), akan menjadi darah-darah segar untuk mewujdukan NTB Gemilang dimasa yang akan datang,” harapnya.

PEJABAT: Dari kanan ke kiri, Ketua Sementara DPRD NTB, Ridwan Hidayat, Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, dan Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah.

Persoalan politik, kata Bung Zul, sapaan akrabnya, merupakan persoalan kesabaran, dan bukan persoalan kapasitas dan intelektualitas. “Sehingga dalam persoalan politik kadang-kadang kura-kura mampu mengalahkan kelinci. Saya kira ini yang bisa saya sampaikan,” ujarnya.

Sidang paripurna pelantikan Pimpinan DPRD NTB, selain dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, dihadiri pula Anggota DPR RI Dapil Pulau Sumbawa dari Partai PKS, H. Johan Rosihan, dan Dapil Pulau Lombok dari Partai PPP, Dra. Hj. Wartiah, M.Pd, dan beberapa mantan Gubernur NTB dan mantan Wakil Gubernur NTB, serta para tokoh-tokoh Provinsi NTB. (sal/adv)