Empat Parpol Beri Sinyal Usung Djohan

Djohan Sjamsu
Djohan Sjamsu.(DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM–PKB memastikan mengusung mantan Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) Djohan Sjamsu pada Pilkada KLU 2020. Ketua DPW PKB NTB Lalu Hadrian Irfani mengatakan, sudah ada sejumlah partai yang berkomitmen bersama-sama mengusung Djohan. “Kita sudah punya tiga partai koalisi di Pilkada KLU,” ungkapnya, kemarin.

Tiga partai dimaksud tersebut yakni PDIP, PBB, dan PKS. Dari komunikasi politik, sudah ada  kecocokan dan kesamaan sudut pandang terkait siapa figur balon bupati yang akan diusung yakni Djohan yang merupakan Ketua DPC PKB KLU Djohan Sjamsu.

Dukungan empat partai itu dipastikan sudah melebihi syarat dukungan minimal 6 kursi di DPRD KLU. Karena empat partai ini memiliki total 9 kursi. Partai lain yang potensial mendukung Djohan yakni Gerindra dan NasDem. Pihaknya terus menjalin komunikasi dengan dua parpol tersebut. “PDIP, PKS, dan PBB sudah positif koalisi bersama PKB di Pilkada KLU,” ungkap Anggota DPRD Provinsi NTB tersebut.

Terkait siapa balon wakil bupati pendamping Djohan, pihaknya sudah sepakat menyerahkan sepenuhnya kepada Djohan Sjamsu. “Kita persilakan Pak Djohan menentukan dengan siapa beliau merasa cocok dan nyaman sebagai pendamping,” terangnya.

Senada dengan itu, Wakil Ketua Desk Pilkada DPD PDIP NTB Ruslan Turmuzi mengatakan, PDIP sudah memutuskan arah dukungan kepada Djohan Sjamsu. Dan PDIP sudah ada kesepahaman dengan PKB dan PKS, serta partai lain untuk berkoalisi mengusung Djohan Sjamsu. “Untuk Pilkada KLU, PDIP sudah klir ke Pak Djohan Sjamsu,” tandas Anggota Komisi IV DPRD provinsi NTB tersebut.

Sementara itu, Ketua DPW PBB NTB Arif Junaidi mengaku, belum ada keputusan final terkait arah dukungan PBB di Pilkada KLU. Namun dalam proses penjajakan sudah banyak kecocokan PBB dengan PKB dan partai lainnya terkait siapa figur yang akan diusung. “Keputusan final sih belum. Tapi kita sudah sepaham dan cocok dengan PKB,” ungkap Anggota DPRD NTB dapil Lobar-KLU tersebut. (yan)