Empat Orang Keluarga Pasien Covid-19 dari Bali Dinyatakan Positif

drg-Ni-Made-Ambaryati
Hj Ambaryati

GIRI MENANG – Sembilan orang keluarga pasien positif Covid-19 yang datang dari Bali beralamat di Desa Giri Tembesi Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat, sudah dilakukan swab. Hasil dari Swab dari 9 orang tersebut empat dinyatakan positif Covid-19.

Dari rilis resmi yang dikeluarkan oleh gugus tugas Provinsi NTB disebutkan empat pasien yang dinyatakan positif yaitu pasien masuk pada nomor 452, an. An. IKA, laki-laki, usia 7 tahun, penduduk Desa Giri Tembesi, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 dari Bali. Saat ini menjalani karantina di Kabupaten Lombok Barat dengan kondisi baik.

Selanjut pasien nomor 453, an. Tn. IGW, laki-laki, usia 23 tahun, penduduk Desa Giri Tembesi, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 dari Bali. Saat ini menjalani karantina di Kabupaten Lombok Barat dengan kondisi baik.

Pasien nomor 454, an. Ny. NKM, perempuan, usia 45 tahun, penduduk Desa Giri Tembesi, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 dari Bali. Saat ini menjalani karantina di Kabupaten Lombok Barat dengan kondisi baik.

Pasien nomor 455, an. Ny. NWC, perempuan, usia 45 tahun, penduduk Desa Giri Tembesi, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Pasien tidak pernah melakukan perjalanan ke daerah terjangkit Covid-19. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 dari Bali. Saat ini menjalani karantina di Kabupaten Lombok Barat dengan kondisi baik.

Sementara itu dari catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat, bahwa dari 9 data pasien positif yang berasal dari Bali, namun data itu belum di sinkronkan dengan data dari Pemprov NTB.

“Ada 9 orang data yang positif tidak ada di kami. Pagi ini mau mencocokkan data dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB,”‘ ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat Hj  Ambaryati.

Ia menyebut, semua pasien yang positif dari Desa Giri Tembesi adalah keluarga pasien positif Covid-19 yang dulu dipulangkan dari Bali, karena meningal di Bali pada 19 Mei lalu. Setelah hasil swab keluar, pasien dinyatakan positif Covid-19. Setelah itu para keluarga dilakukan rapid test hasilnya semua reaktif, kemudian ditindaklanjuti dengan tes swab, hasilnya 9 orang didata Dikes Lobar positif. Namun yang diumumkan oleh Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTB masuk 4 orang.

“Sabar dulu kami masih belum dapat data yang lengkap, mereka masih mencocokan data,” tambah Ambar.

Untuk diketahui, pada tanggal 22 Mei 2020 jumlah pasien yang positif di Provinsi NTB naik drastis mencapai 54 orang. Dari 54 pasien ini sebanyak 20 orang berasal dari Kabupaten Lombok Barat. (ami)