Empat Balon Lulus Tes Tulis

TES : Tujuh Balon Kades terlihat serius mengerjakan 100 soal pilihan ganda dalam waktu satu jam di aula kantor BPMPD Lobar, Rabu (16/11) (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG-Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) tingkat kabupaten Lombok Barat melaksanakan seleksi tes tulis terhadap delapan bakal calon (Balon) Kades di aula Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lombok Barat, Rabu (16/11).

Diantaranya tiga Balon Kades Sekotong Timur Kecamatan Lembar, tiga Balon Kades Labuan Tereng Kecamatan Lembar dan dua Balon Kades Gili Gede Kecamatan Sekotong. Namun sayang, ada satu yang tidak mengikuti tes tulis kemarin dikarenakan mengundurkan diri yaitu Ramadhan, Balon Kades Sekotong Timur.

Tes tulis dimulai pukul 10.00 Wita hingga pukul 11.00 Wita. Tujuh peserta diminta menjawab 100 soal pilihan ganda di lembar jawaban, bukan di lembar soal. Soal yang diberikan berkaitan dengan pemerintahan desa, pengetahuan tentang Lobar dan pengetahuan umum. Berikut nilai ujian masing-masing Balon: Desa Sekotong Timur, Malwi mendapat nilai 31, Nursidi mendapat nilai 70 dan Ramadhan mendapat nilai 0 karena mengundurkan diri. Kemudian Desa Labuan Tereng, Safoan mendapatkan nilai 72, H. Fathul Aziz mendapat nilai 52 dan Mastur mendapat nilai 49. Desa Gili Gede, Saini mendapat nilai 72 dan Fajri MF mendapat nilai 54.

Hasil yang ada ini kata Kepala BPMPD Lobar Lalu Surapati, diserahkan kepada masing-masing panitia Pilkades sebagai acuan menetapkan calon. Misalnya saja di Sekotong Timur, dikarenakan ada tiga yang lulus pada hasil skoring kemudian tiga diharuskan mengikuti tes tulis, namun dua yang mengikuti, maka otomatis dua balon dari Sekotong Timur akan ditetapkan menjadi calon. Karena minimal calon kades itu adalah dua, dan maksimal lima. Selanjutnya pada Labuan Tereng dan Gili Gede, dikarenakan sudah ada empat balon sudah lulus skoring, maka masing-masing Balon dengan nilai tertinggi pada hasil tes tertulis lah yang berhak ditetapkan menjadi calon nantinya. “Proses ujian berjalan dengan baik, sudah ada saksinya dari aparat. Inilah hasilnya,” terangnya.

Seperti diketahui, skoring diperlukan jika ada lebih dari lima Balon yang lulus tes administrasi. Desa Sekotong Timur misalnya tujuh Balon, Labuan Tereng sembilan balon, Buwun Mas enam balon dan Gili Gede enam balon.  Penentuan jumlah skor didasarkan atas pengalaman kerja di pemerintahan, pendidikan dan usia. Buwun Mas sendiri bisa menjaring lima balon berdasarkan skoring. Sementara Sekotong Timur, Labuan Tereng dan Gili Gede belum bisa menjaring lima Balon dikarenakan dikarenakan ada Balon yang skornya sama, sehingga diperlukan tes tulis tingkat kabupaten. Dengan adanya hasil tes tulis ini kata Surapati diharapkan segera dilakukan penetapan calon serta penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) masing-masing desa, dari 18 desa yang pilkades, guna suksesnya Pilkades 7 Desember 2016.(zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid