Emirates akan Buka Rute ke Lombok

MATARAM – Maskapai penerbangan Emirates akan membuka rute penerbangan dari Timur Tengah ke Bandara Internasional Lombok (BIL).

Saat ini pihak maskapai sedang melakukan penajajakan penerbangan tersebut.Maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab tersebut akan melakukan beberapa langkah analisis terhadap berbagai potensi dan kelayakan penerbangan dengan destinasi Lombok. Hal ini terungkap saat Kepala Perwakilan Emirates Indonesia, Mr Sathish Sethi menemui Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi di Ruang Kerjangnya, Senin kemarin (6/6).

Penjajakan tersebut merupakan tindak lanjut dari Momerandum of Understanding (MOU) antara Kementerian Pariwisata dengan pihak Emirates. Dalam MoU tersebut Menteri Pariwisata Arif Yahya meminta agar dibuka penerbangan dengan tujuan Lombok karena Lombok telah mendapatkan penghargaan dalam sektor pariwisata halal. “Lombok kan sudah dapat penghargaan, jadi memang sudah seharusnya diberikan akses biar ada manfaat dari penghargaan itu,” kata Perwakilan Kementerian Pariwisata, Sarkawi yang mendampingi Kepala Perwakilan Emirates Indonesia.

Mengenai tahap-tahap yang akan dilakukan, pihak Emirates akan melakukan survey ke bebarapa tempat. Termasuk di daerah wisata potensial seperti Mandalika Resort. “Dari sisi destinasi, Lombok sudah kuat. Lombok ini punya pangsa pasar yang besar bagi dunia. Kami ingin mempromosikan itu ke dunia,” ucapnya.

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi menyampaikan komitmen dan dukungan penuh atas rencana tersebut. Menurutnya, kerjasama ini akan berjalan baik apabila semua pihak memiliki pemahaman yang sama terkait pembangunan, khususnya pariwisata yang menjadi prioritas pemerintah.

Dia  memastikan dukungan semua stakeholder dalam mensukseskan rencana tersebut. “Alhamdulillah, dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan melihat Emirates mendarat di Lombok,” ujarnya.

Menurutnya, rencana Emirates tersebut merupakan peluang yang sangat bagus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Terutama dari timur tengah yang mayoritas wisatawan muslim. Apalagi maskapai Emirates mempu mengangkut para wisatawan lebih dari 45 negara dalam satu kali penerbangan. Hal ini dimungkinkan karena Dubai merupakan International Hub dan itulah yang membedakan Emirates dengan penerbangan-penerbangan lain. “Apapun yang diperlukan untuk kelancaran program ini, kami siap menyediakannya,” jamin Gubernur gembira. (zwr)

BACA JUGA :  Akhirnya AirAsia Buka Penerbangan Australia-Lombok