Elemen Masyarakat Temui Ketua DPRD, Dukung Lalu Niqman Zahir Jadi Pj Gubernur NTB

ASPIRASI DUKUNGAN: Sejumlah elemen masyarakat mendatangi gedung DPRD NTB, menyampaikan aspirasi sekaligus menyerahkan berkas dukungan untuk Lalu Niqman Zahir, sebagai Penjabat Gubernur NTB, Kamis (25/5). (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Berbagai elemen masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengusulkan dan merekomendasikan sosok nama Deputi Bidang Administrasi Setjen DPD RI, Lalu Niqman Zahir sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB.

Hal tersebut, mengingat masa bakti jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) NTB, H Zulkiefimansah—Hj Sitti Rohmi Djalillah akan berakhir pada 19 September 2023 mendatang. Sehingga Pj Gubernur NTB diperlukan untuk memimpin NTB hingga terpilihnya Gubernur dan Wagub NTB yang baru.

Dalam kesempatan audiensi dengan Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda dan Wakil Ketua DPRD NTB, H Muzhir, di Ruang Rapat Pleno DPRD NTB, Kamis (25/5/2023), seluruh perwakilan elemen masyarakat menyampaikan bahwa kapabelitas Lalu Niqman Zahir, sebagai putra daerah yang memiliki track record yang baik.

Hal itu juga dikemukakan M Tajir Asyjar Djr, selaku Sekretaris Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) NTB. “Lalu Niqman Zahir adalah putra asli NTB, dan secara eselon sudah memenuhi syarat. Karena beliau eselon satu. Selain itu, jenjang karir Lalu Niqman Zahir juga tidak meragukan, dimana beliau meniti karir dari bawah hingga saat ini menjadi Deputi Bidang Administrasi Setjen DPD RI,” jelasnya.

Hal senada juga dikemukakan elemen masyarakat NTB lainnya, diantaranya Ketua dan Sekretaris APDESI NTB, Mastur dan Tajudin; Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) NTB, Abdul Rasyid Zaenal; Ketua AKAD NTB, Syahril; Ketua Kaukus Muda Pulau Sumbawa, M Yunus Asfiah; MUI NTB, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda NTB.

“Kami hanya ingin Penjabat Gubernur NTB selama hampir dua tahun ke depan, adalah orang NTB yang tahu bagaimana NTB dan punya netralitas menghadapi tahun politik 2024, sehingga nantinya tidak ada keberpihakan saat pemilihan gubernur. Intinya, kami ingin Lalu Niqman Zahir menjadi salah satu nama yang diusulkan sebagai Penjabat Gubernur NTB,” kata Syahril, selaku Ketua AKAD NTB.

Baca Juga :  Koalisi Relawan Jokowi NTB Dukung Prabowo Capres 2024

Ketua Kaukus Muda Pulau Sumbawa, M Yunus Asfiah menambahkan, bahwa pertimbangan Kaukus Muda Pulau Sumbawa memberikan dukungannya kepada Deputi Bidang Administrasi Setjen DPD RI, Lalu Niqman Zahir untuk ditetapkan menjadi Pj Gubernur NTB, karena pihaknya menilai secara administrasi, Lalu Niqman Zahir memenuhi syarat untuk ditunjuk dan ditetapkan sebagai Pj Gubernur NTB sebagaimana amanat peraturan perundang-undangan tentang penunjukan dan penetapan Pj Gubernur.

“Selain itu, Lalu Niqman Zahir adalah putra daerah yang sangat mengenal dan memahami kondisi dan konstruksi sosial dan budaya masyarakat NTB. Sisi lainnya, Lalu Niqman Zahir memiliki kecakapan, kemampuan dan kapabelitas dalam memimpin NTB. Hal ini ditandai dengan latar belakang karirnya dari jabatan Sekcam Gangga—KLU, hingga menduduki jabatan Deputi Bidang Administrasi Setjen DPD RI,” kata Yunus Asfiyah.

Lalu Niqman Zahir juga dinilainya memiliki kecakapan dan kemampuan dalam mengatur dan mengelola sistem administrasi pemerintahan, khususnya dalam aspek tata kelola pemerintahan. “Dan yang paling pokok, Lalu Niqman Zahir memiliki kemampuan dan kecakapan dalam membangun koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak. Khususnya koordinasi dan komunikasi dalam bidang pemerintahan dan organisasi sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Sedangkan ketua rombongan Zia Ul Haq, menegaskan, kedatangan pihaknya yang berasal dari sejumlah elemen masyarakat, untuk mengusulkan dan meminta kepada DPRD NTB, agar merekomendasikan Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPD RI, Lalu Niqman Zahir, sebagai Penjabat Gubernur NTB. “Kami menyampaikan aspirasi untuk mendukung Pak Lalu Niqman Zahir, sebagai Penjabat Gubernur NTB,” katanya.

Bukan tanpa alasan pihaknya mendukung Lalu Niqman Zahir, sebagai Penjabat Gubernur. Selain persyaratan penjabat Gubernur harus penjabat eselon I, dan itu sudah terpenuhi. Lalu Niqman Zahir adalah putra asli NTB, dengan karir birokrat dimulai dari tingkat bawah, yakni sebagai Sekcam Gangga, Lombok Utara.

“Lalu Niqman punya rekam jejak yang jelas. Sebagai putra daerah, tentu dia juga sangat mengetahui dan menguasai kondisi sosial, politik dan budaya di NTB. Pun dengan pengalaman dan rekam jejak yang ada, Lalu Niqman punya kecapakan dan kapabilitas dalam memimpin NTB ke depan,” sebutnya.

Baca Juga :  Mendagri Panggil Tokoh yang Peluang Jadi Penjabat Gubernur NTB?

Lalu Niqman juga dinilai sudah banyak berbuat bagi kepentingan NTB ditingkat nasional. Misalnya, dia banyak membantu anggaran program mandiri pedesaan PNPM untuk NTB dan sejumlah hal lainnya. “Dan yang terpenting, Lalu Niqman adalah  figur yang bisa bersikap netral,” ucapnya.

Dengan sosok Lalu Niqman Zahir dinilai netral, diharapkan kondusifitas di NTB pada tahun politik akan bisa terjaga dan terlaksana dengan baik. Karena Lalu Niqman dinilai bisa mengayomi dan menempatkan diri bagi semua kelompok kepentingan yang ada di NTB. Serta memiliki kemampuan dan kecakapan komunikasi dan koordinas dengan berbagai pihak.

“Dukungan ini kami serahkan kepada pimpinan DPRD NTB, agar bisa ditindak lanjuti sebagaimana mestinya,” ungkap Ketua Tim Penjaringan Aspirasi Lalu Niqman Zahir, Burhani Gani.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaedah mengatakan, bahwa dukungan terhadap Lalu Niqman Zahir tidak hanya berasal dari masyarakat NTB.

“Ketua DPD RI dan seluruh anggota DPD RI juga mendukung beliau, dan sudah menyampaikan langsung kepada Presiden,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Kalangan DPRD NTB juga nanti, kata dia, akan menjaring aspirasi dari masyarakat luas di NTB, terkait usulan penjabat Gubernur NTB. Pasalnya, DPRD Provinsi NTB memiliki kewenangan untuk mengusulkan tiga nama penjabat Gubernur NTB kepada Presiden melalui Kemendagri.

Sebab itu, terkait aspirasi Lalu Niqman Zahir akan dibahas dan ditindak lanjuti di internal DPRD provinsi NTB. “Mudah-mudahan tiga nama kita ajukan ke Presiden melalui Mendagri, salah satu diantaranya adalah nama Lalu Niqman Zahir,” pungkasnya. (yan/rl)

Komentar Anda