Ekas Kembangkan Wisata Pantai Kura-kura

Pantai Kura-kura
INDAH : Inilah lokasi wisata yang dikembangkan oleh pemerintah Desa Ekas. (Janwari Irwan/ Radar Lombok)

SELONG – Potensi wisata wilayah selatan dari hari ke hari makin dilirik investor. Keindahan wisata selatan semakin nampak setelah banyak mendapat sentuhan pemerintah daerah. Salah satunya wilayah Ekas Kecamatan Jerowaru.

Kepala Desa Ekas, Ahmad Nursandi, mengatakan keberadaan hotel di wilayah Desa Ekas saat ini bukan hanya mendatangkan pendapatan bagi daerah, juga mampu mendatangkan berkah bagi masyarakat. Hal ini disebabkan hotel-hotel memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menciptakan karya yang bisa dijadikan oleh – oleh bagi tamu.

“Alhamdulillah, masyarakat sekarang diminta membuat anyaman sendiri, yang nantinya bisa dipasarkan di hotel – hotel ke para tamu,” katanya saat ditemui Radar Lombok, Senin  (19/8).

Dengan adanya pengembangan kawasan selatan oleh pemerintah daerah, tentunya berbagai dampak yang bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar. Menurutnya, semakin banyak investor yang datang, maka itu akan menyerap tenaga kerja yang banyak yang berasal dari Desa Ekas.

“Anak-anak muda yang memiliki skill dan SDM, hotel dengan mudah memberikan mereka kerja, ini tentunya dampak yang bagus bagi desa kami,” ungkapnya.

Demi terserapnya tenaga kerja lokal terutama bagi warga Ekas, saat ini pemerintah desa rutin melakukan komunikasi kepada pengelola hotel – hotel yang siap melaunching hotel yang sudah dibangun. Sehingga, para pemuda yang ada di desa bisa terserap dengan baik. Meski hanya sebagai security, juru masak dan lain-lain. “Karena SDM kita masih lemah, sejauh ini warga kita paling banyak bekerja sebagai security dan tukang masak dan pelayan saja,” ujarnya.

Disampaikannya, agar para pemuda yang ada di desa bisa diserap semua dan mendapatkan jabatan yang strategis di hotel yang sudah banyak dibangun saat ini, kedepan pemerintah desa akan memberikan pelatihan terhadap tenaga-tenaga yang dibutuhkan seperti memberikan pelatihan komputer, bahasa inggris dan skill yang dibutuhkan lainnya.

Selain mengandalkan penyerapan tenaga kerja yang berasal dari hotel yang dibangun investor, juga saat ini, pemerintah Desa Ekas juga mengembangkan lokasi wisata Pantai Kura-kura. Dimana pengembangan lokasi wisata ini dilakukan oleh pemerintah desa dengan memberdayakan Karang Taruna dan warga setempat.”Sekarang kita sudah mulai melakukan penataan dengan membangun beberapa berugak dan beberapa fasilitas lainnya,” bebernya.

Dengan adanya pengembangan lokasi wisata Kura-kura ini tambahnya, pemerintah daerah sudah memberikan kontribusi yang banyak terhadap rencana ini, dimana pemerintah daerah telah memberikan perbaikan jalan menuju lokasi wisata yang tentunya salah satu pendukung perkembangan lokasi wisata. “Alhamdulillah, pemimpin daerah kita sudah memberikan perhatian yang banyak lokasi wisata selatan, termasuk Desa Ekas jalan-jalan yang dulunya rusak sudah diperbaiki, hanya satu jalan yang belum, dan itu akan dikerjakan tahun 2020 mendatang,” tandasnya.(wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid