DWP Dinas LHK NTB Peringati Hari Bakti Rimbawan

Poppy Pujawati
Poppy Pujawati

MATARAM – Hari Bakti Rimbawan ke-39 Tahun 2022 ini memiliki arti penting bagi keluarga besar Rimbawan di seluruh Indonesia. Pada, 16 Maret 39 tahun silam merupakan tonggak sejarah kelahiran Departemen Kehutanan. Peringatan Hari Bakti Rimbawan ini merupakan momentum yang tepat bagi para Rimbawan untuk me-recharge komitmen bersama dalam upaya membangun hutan dan kehutanan Indonesia.

Semangat ini, bukan hanya pada jajaran karyawan Dinas LHK NTB, tetap juga sampai ke jajaran UPTD dan UPT Kementerian LHK yang berada di NTB. Rangkaian Hari Bakti Rimbawan ke-39 tahun 2022 ini dimeriahkan beberapa kegiatan, diantaranya lomba paduan suara, lomba rumah sehat dan peluncuran Kantin Jujur DWP Unit DLHK NTB. Rangkaian tiga jenis kegiatan ini diinisiasi oleh Dharma Wanita Persatuan Unit DLHK Provinsi NTB.

BACA JUGA :  DLHK NTB Berikan Pengharagaan Bagi Desa Peduli Lingkungan

Ketua DWP Unit DLHK NTB Poppy Pujawati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk membangkitkan semangat dan jiwa korsa para Rimbawan NTB beserta keluarganya untuk secara aktif terlibat dalam upaya kelola hutan. Minimal berbagi semangat melalui giat-giat yang bersifat kolektif semacam ini.

“Ini lomba dari, oleh dan untuk para Rimbawan se-NTB,” katanya, Rabu (9/3).

Adapun lomba paduan suara diikuti oleh 24 peserta yang berasal dari DLHK NTB, 19 UPTD lingkup DLHK NTB dan 5 UPT Kementerian LHK yang bertempat di wilayah Provinsi NTB. Setiap Tim peserta Lomba terdiri dari 10 orang peserta dan 1 orang dirigen yang menyanyikan lagu Mars Rimbawan. Adapun kriteria penilaian didasarkan pada teknik vokal, harmonisasi dan performance.

Mengacu pada situasi masa pandemik, maka Lomba Paduan Suara dilaksanakan secara daring. Setiap Tim mengirimkan Video dengan durasi 2,5 menit. Setiap video, kemudian dinilai oleh 3 orang Juri, yaitu Kepala Dinas LHK NTB Madani Mukaram, Warsaidiharto dan Hj Fitriati Hamdan. Berdasarkan hasil penjurian yang dilaksanakan pada tanggal 4 Maret 2022.

BACA JUGA :  Wagub Apresiasi Penghijauan INTI, JMSI, PINTI dan DLHK NTB

Adapun juara pada lomba paduan suara Rimbawan tersebut, adalah Juara I KPH Sejorong Mataiyang, juara II BPDASHL Dodoan Moyosaro Juara III BKSDA NTB Juara Harapan I : BKPH Batu Lanteh, Juara Harapan II : BKPH Maria Donggo Masa Juara Harapan III : Balai Taman Nasional Tambora.

Kepala Dinas LHK NTB Madani Mukarom menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap agar kegiatan serupa tetap dilaksanakan di tahun-tahun mendatang.

“Kegiatan ini positif bagi ibu-ibu Rimbawan, dan kedepannya bisa dilaksanakan dengan lebih meriah lagi,” harapnya. (luk)