Dulu Jadi Primadona, Kini Banyak Ditinggal Pelanggan

ACC : Gedung Ampenan City Center atau yang lebih dikenal dengan Pasar ACC kemarin.

Kota Tua Ampenan dulu menjadi pusat bisnis di Mataram. Salah satu penandanya adalah keberadaan Ampenan City Center (ACC). Dulu tempat ini jadi primadona. Kini seiring banyaknya pusat perbelanjaan baru, tempat ini banyak ditinggal pelanggan.

 

 


SUDIRMAN-MATARAM


 

ACC adalah salah satu pasar tertua di Kota Mataram. Semua orang tahu bahwa Ampenan telah Berjaya sejak tahun 1896. Ampenan adalah pelabuhan penting. Kemajuan Ampenan menjadi daya tarik orang untuk datang dan menetap di Ampenan.

[postingan number=3 tag=”features”]

Kini ACC tidak seramai dulu. Ini menjadi tantangan kepala pasar ACC yang baru, Malwi. Ia ingin punya andil mengembalikan kejayaan Ampenan. ” Dulu Pasar ACC sangat primadona. Setelah ada Mataram Mall, MGM, tempat ini jadi sepi,” ungkapnya kepada Radar Lombok kemarin.

Malwi adalah mantan kepala Pasar Dasan Agung. Saat ini ia sedang melakukan penataan kawasan pasar sekaligus agar semakin rapi dan ramai. “ Satu-satu kita tata, bangunannya juga. Kita juga berpikir bagaimana membangkitkan semangat para pedagang untuk menjaga kebersihan,” katanya.

Menurutnya, penataan ACC juga sejalan dengan rencana Pemerintah Kota Mataram untuk revitalisasi Kota Tua Ampenan. Pemerintah saat ini sedang melakukan berbagai upaya untuk menghidupkan kembali ekonomi Ampenan seperti saat ampenan berjaya sebagai kota pelabuhan ternama dulu.

Sebagai bentuk komitmen dalam rangka mewujudkan pasar percontohan yang aman, nyaman, bersih dan sehat, di pasar ini sudah terbentuk Forum Pedagang Pasar Ampenan atau lebih dikenal dengan nama Pasar ACC.

Pengurus yang dilantik berasal dari pedagang Pasar ACC yang telah bertahun-tahun menggantungkan hidupnya dari berjualan di pasar tersebut. Dengan terbentuknya pengurus Forum Pedagang Pasar Ampenan ini dapat menjembatani koordinasi antara Pemerintah Kota Mataram dengan para pedagang agar suasana yang aman, nyaman dan bersih dapat terwujud.(*)