Dukungan Demokrat Final di Tiga Daerah

MATARAM — Arah dukungan Partai Demokrat sudah final di tiga Pilkada Kabupaten dan Kota di NTB, yakni Pilkada Kabupaten Lombok Barat (Lobar), dengan mengusung Ketua DPRD Lobar Nurhidayah sebagai calon bupati (Cabup) Lobar; di Pilkada Kota Bima mengusung Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD NTB, H A Rahman H Abidin sebagai calon wali kota (Cawalkot) Bima; dan di Pilkada Lombok Utara mengusung duet Najmul Akhyar-Kusmalahadi sebagai Cabup dan Cawabup KLU.

“Dari 10 kabupaten dan kota di NTB, baru tiga daerah yang sudah final arah dukungan,” kata Ketua DPD Partai Demokrat NTB, Indra Jaya Usman (IJU), kemarin.

Final arah dukungan di Pilkada tiga kabupaten/kota tersebut, ditandai dengan sudah diterbitkannya surat tugas kepada para calon kepala daerah di tiga daerah tersebut. DPP Partai Demokrat hanya menerbitkan satu surat tugas saja kepada Cabup/Cawabup yang sudah ditetapkan untuk didukung dan diusung di Pilkada 2024. “Surat tugas diterbitkan DPP tidak ada lebih dari dua,” ucap Anggota DPRD Lobar ini.

Baca Juga :  Bedah Dapil, PPP Petakan Potensi Rebut Pimpinan DPRD

Dalam surat tugas itu, kata dia, para Cabup diminta melaksanakan komunikasi politik untuk memenuhi persyaratan 20 persen koalisi Parpol. Karena Partai Demokrat tidak bisa mengusung sendiri pasangan calon (Paslon) di semua Pilkada Kabupaten/Kota, sehingga harus mencari Parpol mitra koalisi. “Khusus surat tugas untuk Pilkada KLU diterbitkan berpasangan, sehingga hanya diminta untuk memastikan Parpol mitra koalisi pengusung,” terangnya.

Adapun untuk Pilkada di tujuh kabupaten/kota dipastikan sedang berproses. Dia memperkirakan dalam waktu dekat ini DPP akan menerbitkan surat tugas serupa kepada calon kepala daerah yang didukung dan diusung Partai Demokrat di kabupaten/kota tersebut. “Untuk tujuh daerah sedang berproses,” ujar IJU.

Sementara itu, DPW Partai Perindo NTB dalam rapat pleno yang digelar Sabtu (15/7) lalu, juga telah memutuskan untuk mendukung dan mengusung duet Najmul Akhyar-Kusmalahadi sebagai Cabup dan Cawabup di Pilkada Lombok Utara. “Untuk Pilkada KLU, usulan tunggal untuk calon Bupati yang diusung TGH Najmul Akhyar,” kata Ketua DPW Partai Perindo NTB, Khairul Rizal.

Baca Juga :  Abdul Hadi Tak Mau Buru-buru Tentukan Pasangan

Sedangkan untuk bakal calon wakil Bupati diserahkan kepada Najmul Akhyar. “Dan pihak TGH Najmul Akhyar sudah memutuskan pemdampingnya, yakni Kusmalahadi Syamsuri, sebagai bakal calon wakil Bupati,” terangnya.

Lebih lanjut setelah ditetapkan dalam rapat pleno di DPD Perindo KLU dan DPW Perindo NTB, maka usulan itu juga akan disampaikan ke DPP Partai Perindo di Jakarta. “DPP sudah memberikan persetujuan kepada bakal pasangan calon melalui rapat khusus antara pihak DPP dan DPW Perindo NTB,” lugasnya. (yan)

Komentar Anda