Dukung UMKM, Bank Panin Dubai Syariah Siapkan Rp 100 M

Bank Panin
BANK PANIN DUBAI: Pimpinan Cabang Bank Panin Dubai Syariah Mataram, Aisyah Fahrial,SS,MM menyerahkan hadiah langsung kepada nasabah penabung asal Mataram, Hj. Wartiah yang juga anggota DPRD NTB, Kamis kemarin (9/3). (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Bank Panin Dubai Syariah Cabang Mataram memastikan diri memperluas jaringannya di sektor pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi NTB. Sebagai pendatang baru, perbankan syariah di NTB, Bank Panin Dubai Syariah akan lebih mengarahkan pembiayaan di UMKM pendukung pariwisata syariah.

“Tahun 2017 ini, kami siapkan plafon pembiayaan UMKM yang mensuport pariwisata syariah Rp100 miliar,” kata Pimpinan Cabang Bank Panin Dubai Syariah Mataram, Aisyah Fahrial,SS,MM kepada Radar Lombok, Kamis kemarin (9/3).

[postingan number=3 tag=”bank”]

Bank Panin Dubai Syariah trgolong lembaga perbankan yang baru membuka kantor cabang di Mataram pada pertengahan Desember 2016 lalu. Kendati demikian, Aisyah optimis perbankan yang diipimpinnya tersebut akan mampu menarik debitur maupun nasabah untuk menabung dalam mengumpul dana pihak ketiga (DPK) di tahun pertama yakni 2017 ini.

Aisyah mengatakan, pihaknya lebih membuka pangsa pasar di sektor pelaku UMKM yang berkaitan dengan pariwisata syariah. Seperti pelaku usaha khas oleh-oleh NTB, kerajinan, handycraft, kuliner, perhotelan yang menerapkan konsep syariah dan perajin lainnya.

“Sebagai bank baru, kami berkomitmen untuk mendukung perekonomian NTB dengan memperbesar porsi penyaluran pembiayaan ke sektor produktif UMKM,” kata Aisyah.

Lebih lanjut Aisyah mengatakan, untuk segmen UMKM, saat ini Bank Panin Dubai Syariah Cabang Mataram terus menggenjot penyaluran pembiayaan dengan menggandeng  dan menjalin kemitraan bersama pengusaha lokal baik itu yang bergerak dibidang jasa perdagangan dan home industri (industri rumahan).

Selain itu kedepanya, sambung Aisyah pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan lembaga- lembaga yang membina komunitas dan perajin untuk menunjang produktifitas perekonomian masyarakat di Provinsi NTB. “Hingga awal Maret ini, kami sudah menyalurkan pembiayaan untuk UMKM mencapai 65 persen dari total plafon yang sudah kami siapkan,” sebutnya.

Sementara itu, kata Aisyah untuk penghimpunan dana pihak ketiga (DPK), Bank Panin Dubai Syariah menargetkan bisa meraih diatas angka Rp100 miliar pada tahun 2017. Untuk menarik DPK, Bank Panin Dubai Syariah memiliki program yang cukup menarik bagi calon nasabah penabung.

Seperti program Tabungan Flexible Plus, dimana dengan setoran dana sebesar Rp10 juta selama jangka waktu tertentu dan menjaga saldo rata-rata Rp100 juta, maka nasabah tersebut akan mendapatkan hadiah dimuka berupa iPad/gadget/barang lainnya dan juga tetap mendapatkan bagi hasil bulanan atas penempatan dana tersebut.

Sebagaimana pemberian hadiah langsung diberikan kepada salah seorang nasabah Bank Panin Dubai Syariah Cabang Mataram, yakni Hj Wartiah yang juga merupakan anggota DPRD NTB, sekaligus Ketua DPW PPP NTB, Kamis kemarin di kediaman Hj Wartiah. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid