Dukung Transaksi Non Tunai, Alfamart Manfaatkan AVC

ILUSTRASI ALFAMART

MATARAM – Konsumen Alfamart di NTB kini bisa menikmati kemudahan bertransaksi di toko menggunakan Alfamart Value Card (AVC). AVC ini merupakan kartu prabayar pengganti uang tunai dengan sistem isi (top-up) ulang saldo.

Corporate Communication Alfamart , Ame Dwi Pramesti mengatakan, AVC secara nasional diluncurkan akhir Mei 2017 lalu. Namun secara sistem dan pendistribusian secara nasional baru bisa efektif digunakan setelah Juli 2017.

AVC merupakan produk inovasi kolaborasi PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) bekerja sama dengan TADA Network, perusahaan berbasis teknologi yang bergerak di bidang kartu hadiah multifungsi.  “Saat ini seluruh jaringan toko Alfamart di wilayah NTB sudah bisa melayani transaksi menggunakan AVC,”  kata Ame, Selasa kemarin (18/7).

Dikatakannya, munculnya inovasi kartu prabayar ini, seiring dengan tuntutan pasar. Zaman sudah semakin maju, perusahaan juga harus semakin inovatif jika tak ingin ditinggal oleh konsumennya. Perusahaan melihat bahwa TADA Network ini memiliki fokus yang sama.

Program belanja non tunai ini sebagai salah satu upaya mendukung program Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam memasyarakat transaksi non tunai atau e-money.  Kartu belanja non tunai ini yang disebut AVC bisa digunakan sebagai pengganti voucher belanja fisik, namun bisa menyimpan saldo. Bisa ditransaksikan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti halnya uang tunai. “Top-up saldo bisa dilakukan di semua toko dengan saldo awal Rp 50 ribu  dan kelipatannya hingga maksimal Rp 1 juta,” sebutnya.

AVC juga bisa digunakan sebagai hadiah bagi konsumen maupun karyawan institusi atau perusahaan di seluruh Indonesia.  Munculnya kartu prabayar ini sekaligus mendukung program pemerintah melalui Bank Indonesia dalam gerakan masyarakat nontunai (cashless society). (luk)