Dukung Kenyamanan Pelanggan Merayakan Pergantian Tahun

Jaringan XL Axiata
JARINGAN : Tim teknisi XL Axiata memeriksa kesiapan BTS di kawasan wisata Senggigi.

MATARAM – XL Axiata telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur panjang di akhir tahun 2019 ini. Malam pergantian tahun Xl Axiata melakukan rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi. Termasuk persiapan pengerahan sekitar 30 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, persiapan khusus sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Perayaan malam tahun baru adalah momen di mana trafik selalu mengalami peningkatan yang signifikan.

“Untuk malam pergantian tahun nanti, kami memprediksi akan terjadi kenaikan trafik di layanan data, dengan layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi,” kata Gede Darmayusa, kemarin.

Gede menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.  Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sedikitnya 300 titik lokasi yang diperkirakan akan menjadi pusat mobilitas massa, seperti lokasi tujuan wisata.

Berdasarkan data trafik tahun-tahun sebelumnya, tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik. Untuk Lombok, XL Axiata telah menyiapkan jaringan menghadapi libur panjang Natal dan Tahun Baru, termasuk kawasan wisata populer seperti Pantai Senggigi, Kuta Mandalika, Wisata Gunung Rinjani hingga Gili Trawangan. Untuk itu, XL Axiata sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area.

“Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan  congestion yang bisa menurunkan kualitas layanan kepada pelanggan,” terangnya.

Gede optimis kualitas layanan data selama liburan panjang nanti akan tetap prima dan pelanggan akan tetap mendapatkan kenyamanan sesuai dengan yang mereka butuhkan. Selain persiapan khusus dalam menyambut masa liburan ini, performa jaringan data juga akan terbantu oleh selesainya fiberisasi di ratusan kota di berbagai daerah, baik di sebagian besar Jawa dan luar Jawa.  

“Tim kami di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan,” imbuhnya. (luk)

BACA JUGA :  Kemenag bersama XL Luncurkan Akademi Madrasah Digital 2020