Duet Lalu Iqbal-IDP Deklarasi Juli

Lalu Muhammad Iqbal (DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Bakal Calon Gubernur NTB yang juga adalah Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal mengaku sedang menyiapkan kejutan politik dalam rangka pencalonannya untuk maju pada kontestasi Pilkada NTB 2024.

Hal itu untuk menjawab pertanyaan publik terkait Parpol yang akan menjadi kendaraan politik pengusung dirinya maju berlaga di Pilgub NTB. “Kita sedang siapkan kejutan,” kata pria asal Praya, Lombok Tengah ini, Selasa (1/7).

Ditegaskan, dirinya dan pasangan akan mendeklarasikan diri sebagai Cagub dan Cawagub pada bulan Juli mendatang. Pasalnya, pendaftaran pasangan Cagub dan Cawagub di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB akan dilakukan pada Agustus.

“Kami akan deklarasi Juli. Kalau sudah selesai urusan partai, baru kami deklarasi,” tegas mantan Duta Besar Indonesia untuk Turki tersebut.

Baca Juga :  Kunker ke Dubai dan Australia, PKS Belum Bersikap

Lalu Iqbal juga mengaku dirinya sudah melakukan komunikasi politik dan konsolidasi dengan beberapa partai politik. Ada tiga Parpol yang diklaim sudah memberikan kepastian akan mendukung dan mengusung sebagai Cagub di kontestasi Pilgub NTB.

Namun dia belum mau membeberkan ketiga Parpol dimaksud itu, dengan pertimbangan menjaga etika politik. “Pihak partai meminta saya untuk tidak membuka dulu. Yang jelas, saya jalin komunikasi dengan banyak partai,” terang Lalu Iqbal.

Diungkapkan, pihaknya telah sepakat dengan pihak Parpol bahwa ketika semua terkonsolidasi dengan baik, baru pihaknya mengumumkan kepada publik. “Partai-partai juga tidak nyaman kalau diklaim, sebelum semuanya solid dan terkonsolidasi dengan baik,” imbuh Lalu Iqbal.

Kemudian terkait siapa Cawagub yang akan mendampinginya pada kontestasi Pilgub NTB 2024. Lalu Iqbal mengaku sejauh ini dirinya masih terus intens melakukan komunikasi politik dengan Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri (IDP) untuk berpasangan sebagai Cagub dan Cawagub pada Pilgub NTB 27 November 2024.

Baca Juga :  PB NW Target 5 Juta Suara ke Prabowo-Gibran

Dia menyebut, dukungan duet Lalu Iqbal-IDP cukup besar, termasuk juga elektabilitasnya. Sebab itu, kemungkinan besar dirinya akan berpasangan dengan IDP sebagai pasangan Cagub dan Cawagub di Pilgub NTB.

“Duet ini (Lalu Iqbal – IDP, red) sesuai komunikasi politik dengan pimpinan Parpol koalisi dan aspirasi dari berbagai elemen masyarakat,” terangnya seraya menegaskan, duet Lalu Iqbal-IDP juga direspons positif oleh sejumlah Parpol koalisi pengusungnya.

Namun demikian, dia mengakui, belum akan terburu-terburu untuk melakukan deklarasi pasangan Cagub dan Cawagub. “Kita fokus, dan kita clear-kan dulu Parpol pengusung,” lugas Lalu Iqbal. (yan)

Komentar Anda