Dua Siswi MAN 2 Mataram Juara Lomba Essay Ilmiah Nasional

Aldila Rizki Batari (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAMMATARAM – Dua siswi MAN 2 Mataram berhasil meraih juara dua dan tiga dalam pelaksanaan lomba Essay Ilmiah SCIFI NEOUTRON 2021 yang dilaksanakan Forum Mahasiswa Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makasar tingkat Nasional. Dua siswi MAN 2 Mataram tersebut adalah, Aldila Rizki Batari Nasution meraih juara 2 dan Putri Fatimah Helmiana meraih juara 3  pada pelaksanaan final menggunakan zoom meeting, Sabtu (27/2).

Kedua siswi tersebut merupakan jebolan salah satu organisasi ekstrakurikuler di MAN 2 Mataram, yaitu KIR (Karya Ilmiah Remaja). Di bawah besutan Verweny Rochcy Maryati,ekstrakurikuler ini mulai menunjukkan eksistensinya.

“Alhamdulillah, dua siswi MAN 2 Mataram berhasil meriah juara 2 dan 3 dalam lomba Essay Ilmiah,” kata Kepala MAN 2 Mataram H Lalu Syauki kepada Radar Lombok, kemarin.

Kedua siswi ini memang langganan mengikuti ajang serupa, seperti juara 2 lomba Menulis Essay tingkat Provinsi yang diadakan oleh Museum NTB, Juara 3 lomba Karya Tulis Ilmiah se-Pulau Lombok yang diadakan MAN IC Lombok Timur, Juara 3 dalam rangka Bulan Bahasa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  UNW Mataram tingkat Provinsi, lomba Cerpen, lomba Membuat Sinopsis Buku Cerita, dan lomba bergengsi lainnya di tingkat nasional.

Dalam lomba itu, Aldila Rizki Batari Nasution dengan karya Edukasi Gizi, strategi penyuluhan peduli gizi oleh generasi milenial melalui tiktok berhasil mengumpulkan nilai 178,9. Sedangkan untuk Putri Fatimah Helmiana dengan karya Permen Jelly Rumput lut dan Ares pisang sebagai solusi kegemukan dan obesitas dengan nilai 192,9.

Untuk saingannya Elkan dari SMAN Katolik Santa Maria Malang  dengan judul karya pemanfaatan aplikasi digital dan media sosial sebagai strategi penanggulangan stunting di Indoensia dengan memperoleh nilai 188,3. Selanjutnya, Aisyah Nabila dari SMAN 2 Brebes dengan judul karya bilik ukur gizi berbasis mikrokontroler sebagai alat ukur gizi sederhana selanjutnya, Muhammad Faisal Rofiqil A’la dari SMAN 1 Tayu.

Aldila Rizki Batari mengaku bangga bisa masuk final dan mulai memantapkan persiapannya untuk bisa meraih yang terbaik untuk MAN 2 Mataram dalam lomba tersebut, sehingga mampu meriah juara.

“Alhamduillah bisa meraih juara dan mengharumkan nama MAN 2 Mataram di kancah nasional,” ungkapnya. (adi)