Dua Siswa Madrasah Menjadi Duta Paskibraka Nasional

Kanwil Kemenag NTB HM Zaidi Abdad bersama dua siswa berpose bersama di halaman Kantor Kanwil Kemenag NTB.

MATARAM – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB melakukan acara pelepasan kepada dua orang siswa madrasah yang lolos sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional 2021. hal ini menjadi sejarah baru dimana kedua siswa ini berasal dari madrasah dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag).

Acara pelepasan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Kanwil Lantai 1 Kanwil Kemenag Prov. NTB, Jum’at (23/7). Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag NTB, Dr HM Zaidi Abdad, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag NTB H Muhammad Ali Fikri, Kepala Bidang Pengembangan Daya Saing Kepemudaan Dispora NTB H Muhtadi Hairi, Kepala MAN 2 Mataram H Lalu Syauki, Kepala MAN 2 Kota Bima, Muslihah bersama kedua duta yakni Yasser Ramadhani, siswa MAN 2 Kota Bima dan Hana Novita Fitri, siswi MAN 2 Kota Mataram.

Kepala Kanwil Kemenag NTB Dr HM Zaidi Abdad mengungkapkan bahwa dua siswa duta NTB yang akan bertugas sebagai Paskibraka Nasional 2021 berasal dari siswa madrasah dan ini sangat membanggakan bagi Kemenag RI.

“Ananda terpilih menjadi duta NTB di Paskibraka Nasional 2021 bertugas pada Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-76 di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2021 mendatang. Saya berharap tahun-tahun yang akan datang bisa memberikan motivasi kepada adek-adek kalian setelah melalui pembinaan di Jakarta agar kedepan menjadi modal untuk mengikuti Paskibraka ini,” ungkap HM Zaidi Abdad.

BACA JUGA :  Dandim Berikan Wawasan Kebangsaan Bagi Calon Paskibraka

Menurutnya, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) ternyata tidak kalah dengan SMA maupun SMK se-NTB. Karena itu, Zaidi, memberikan apresiasi kepada kedua siswa MAN di NTB yang telah memberikan hasil terbaik untuk keluarga besar Kemenag NTB.

“Saya yakin Kemenag sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh ananda berdua. Saya berpesan, jagalah marwah madrasah dengan motto mandiri, hebat, dan bermartabat,” pesannya.

Sselain itu, pihaknya juga bangga kepada kepala MAN 2 Mataram maupun kepala MAN 2 Kota Bima, serta guru pembina karena menghantarkan peserta didiknya menjadi duta terbaik di ajang Nasional dan ini merupakan kebanggaan tersendiri yang menghasilkan prestasi terbaik. Selain itu, pihaknya juga berterima kasih kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB yang telah melakukan seleksi secara terbuka dan terpilihlah dua siswa asal madrasah.

“Sebagai bentuk penghargaan dari Kemenag NTB adalah doa. Karena itu, doa kami menyertai ananda berdua, mudah-mudahan dengan doa seluruh Kemenag yang ada di kabupaten/kota di NTB, bisa tampil prima dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan tentunya menjadi duta terbaik dari seluruh Provinsi di Indonesia,” harapnya.

BACA JUGA :  32 Siswa Terpilih Masuk Paskibraka

Untuk diketahui, Yasser Ramahdani dan Hana Novita Fitri berangkat ke Jakarta pada Ahad 25 Juli 2021. Keduanya akan mengikuti latihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP PON) Jakarta Timur bersama anggota Paskibraka Nasional lainnya dari seluruh Indonesia.

Sementara Kepala MAN 2 Mataram H Lalu Syauki bersyukur, karena ini menjadi sejarah baru. Pasalnya siswa yang menjadi pengibar bendera di Istana Merdeka dari siswa madradah naungan Kemenag.

“Ini sejarah baru dicetak kedua siswa tersebut dari madrasah,” katanya.

Ditambahkan, Kepala MAN 2 Kota Bima Muslihah bahwa prestasi yang diraih siswanya tersebut sangat membanggakan, bahkan tidak bisa diungkapkan rasa bangganya terhadap kedua siswa tersebut yang menjadi duta NTB.

“Ini sejarah buat Kemenag, sebab putra-putri terbaik ada di madrasah yang menjadi duta untuk pengibar bendera di Istana Merdeka,” ucapnya. (adi/adv)