Dua Petinju NTB Dipanggil Ikuti Pelatnas

Dua Petinju NTB Dipanggil Ikuti Pelatnas
Pertina.(ist)

MATARAM – Setelah sebelumnya sempat batal dipanggil Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) lantaran ada beberapa kendala, baru-baru ini dua atlet tinju putri asal NTB akhirnya kembali dipanggil pusat untuk mengikuti pembinaan di Pelatnas untuk persiapan Olimpiade Tokyo 2020.

Kedua atlet petinju andalan NTB tersebut adalah, Huswatun Hasanah dan Endang. Mereka merupakan atlet yang pernah tampil di ajang SEA Games 2019 lalu dan kini keduanya kembali mendapatkan kesempatan mewakili Indonesia di kejuaraan internasional.

“Kali ini mereka berdua dipanggil mengikuti Pelatnas di Kupang NTT. Paling lambat mereka berangkat mulai 8 Februari 2020,” terang Pelatih Tinju Pertina NTB Indah Dugi Cahyono, Rabu (5/2)

Dikatakannya, keikutsertaan dua petinju NTB di Pelatnas tahun ini dalam rangka persiapan mengikuti Pra-Olympic Games 2020. Informasi dari IOC (International Olympic Committee) pelaksanaan kualiflkasi tinju Asia/Oceania akan berlangsung di Amman, Jordania, 3-11 Maret 2020 mendatang.

Endang adalah atlet yang baru saja sukses meraih medali perak di kelas 48 kilogram putri pada SEA Games 2019. Sementara Huswatun meraih medali perunggu di kelas 60 Kilogram putri. Menatap Pra-Olympic Games, Endang akan dipersiapkan mengikuti kelas 51 Kilogram putri, sedangkan Huswatun akan turun di kelas 60 Kilogram putri.

“Kayaknya Endang bakal naik kelas dari 48 kg menjadi 51 kg, sementara Huswatun tetap 60 kg,” lanjutnya.

Dijelaskannya, pemanggilan dua petinju NTB berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pengurus Pusat (PP) Pertina Nomor : 03/SJ/PRPERTINA/II/2020 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP Pertina, Saidal Mursalin tertanggal, 4 Februari 2020. Dimana pada isi surat tersebut menjelaskan bahwa dasar pemanggilan atlet berdasarkan program kerja PP Pertina Tahun 2020 dan Program Kerja IOC (International Olympic Committee) Tahun 2020.

Sebelumnya Surat PP Pertina Nomor : 078/SJ/PP/Pertina/XII/ 2019 tanggal 15 Desember 2019 juga telah diterima Pertina NTB perihal pemanggilan atlet mengikuti Pelatnas Pra Olympic Games 2020 serta pemberitahuan dari IOC tentang pelaksanaan kualifikasi tinju Asia/Oceania di Amman, Jordania, 3 11 Maret 2020.

SK PP Pertina menegaskan bahwa Pengurus Pusat Pertina sedang mempersiapkan Pelaksanakan Pemusatan Latihan Nasional Tinju dalam rangka persiapan menghadapi babak Kualiflkasi Olympic Games Asian/Oceania dan Olympic Games Tokyo 2020, dimana Pelatnas dilaksanakan di Kupang, NTT.  (rie)